Lembaga khusus pembinaan OSN (Olimpiade Sains Nasional), POSI (Pelatihan Olimpiade Sains Nasional) tengah merancang program OSPO (Olimpiade Sains Pra OSK) bagi para pelajar seluruh Indonesia. Program ini merupakan upaya persiapan bagi tim olimpiade sains sekolah mengikuti kompetisi tingkat kabupaten/kota hingga nasional.

Demikian dijelaskan Direktur POSI, Fahrurroji kepada Analisa, Selasa (4/12) terkait dengan peluncuran program yang menjadi agenda rutin POSI tiap tahunnya yang mendapatkan antusias­me yang besar dari para pelajar khu­susnya di Sumatera. “Pembinaan yang dilakukan untuk mem­berikan bekal dan kemampuan bersaing tinggi kepada pelajar untuk mampu mengi­kuti olimpiade sains baik tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Tentu­nya didampingi para mentor dan tenaga pengajar POSI yang berpe­ngalaman di bidang OSN,” te­rangnya.

OSPO merupakan kegiatan pelati­han olimpiade yang dilaksanakan da­lam skala besar yang bertujuan mem­bangkitkan semangat belajar siswa dan siswi sesuai bidang diminati dan seba­gai sarana dan wahana evaluasi ke­mampuan siswa atas pembinaan yang dilakukan di sekolah sebelum meng­hadapi OSK (Olimpiade Sains Kabu­paten/Kota). “Juga untuk mencari bibit unggul bidang sains, mengem­bangkan iklim bersaing sehat di tengah pelajar sehingga ada peningkatan mutu pendi­dikan nasio­nal,” ungkapnya.

Direncanakan, program OSPO 2019 nantinya digelar pada Minggu, 27 Januari 2019 bertempat di Gedung Ser­ba­guna Pemprovsu Jalan Willem Iskander Medan. Ada tiga kategori olimpiade pada program ini. Yaitu untuk SD/MI dengan bidang studi matematika dan IPA, lalu SMP/MTs dengan bidang matematika, IPA dan IPS lalu SMA/MA dengan bidang studi di antaranya astronomi, biologi, ekonomi, fisika, geografi, kebumian, kimia dan komputer.

Biaya program ini sebesar Rp100ribu per peserta dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, 105.00.2633377.7 atas nama Yayasan Pendidikan POSI. Pendaftara dilaku­kan secara online dengan meng­akses laman bit.ly/OSPO2019 atau untuk pendaftara kolektif di laman bit.ly/FORMOSPO2019. Lalu mengirimkan dokumen pendaftaran dan pembayaran ke surel [email protected] “Pen­daf­taran selambat-lambatnya diterima pada 24 Januari 2019. Kita mengun­dang seluruh sekolah agar mengambil kesem­patan pada program ini khusus­nya untuk pengembangan tim olimpiade sekolah,” paparnya.

Dengan mengangkat tema ‘fokus, hebat, juara’, program kali ini juga memperebutkan sejumlah hadiah dan penghargaan. Yaitu 30 medali yang terdiri dari lima emas, 10 perak dan 15 perunggu untuk masing-masing bi­dang. Lalu uang pembinaan untuk juara satu Rp 2juta, juara dua Rp 1,5juta dan juara tiga sebesar Rp 1juta ditambah sertifikat untuk seluruh peserta.

Informasi untuk program ini lebih lanjut dapat menghubungi narahubung POSI di 0821 6783 8440 atau 0813 9760 2146 dan situs POSI di laman www.posi.or.id dan berbagai media sosial dengan nama @posipelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.