POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik
lulus ppdb

Halo JawaraPOSI yang baru lulus PPDB! Selamat atas pencapaianmu dan selamat datang di dunia baru sebagai siswa baru di sekolah barumu! Sudah siap memulai petualangan seru di sekolah? Sebelum memasuki hari pertama, ada beberapa hal penting yang perlu kamu persiapkan. Yuk, simak tips-tips sederhana berikut ini agar kamu bisa memulai perjalananmu di sekolah dengan lancar dan menyenangkan.

Contents

Persiapkan Perlengkapan Sekolah

Persiapan yang pertama setelah lulus PPDB tentunya adalah memastikan kamu memiliki perlengkapan sekolah yang lengkap. Pastikan kamu sudah memiliki tas yang nyaman untuk membawa buku dan perlengkapan lainnya. Siapkan juga buku tulis, pensil, penggaris, penghapus, dan alat-alat tulis lainnya. Jika diperlukan, belilah juga perlengkapan tambahan seperti map, kalkulator, dan lain-lain.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan buku materi yang bisa menunjang kegiatan belajarmu, khususnya kalau kamu menargetkan untuk masuk ke tim olimpiade sains di sekolah! Buku Jenius Olimpiade Sains alias JOS cocok banget, nih, untuk kamu miliki. Buku JOS berisi materi-materi pelajaran lengkap sesuai dengan silabus OSN resmi oleh pemerintah. JOS juga dilengkapi dengan contoh-contoh soal, soal-soal latihan yang bisa memicu daya pikir tingkat tinggi (HOTS), dan pembahasan soal dengan konsep yang mudah dipahami. Yuk, segera miliki buku JOS di marketplace POSI Store di ShopeeTokopediaSiplah Blibli, dan Lazada, atau klik ini untuk dapatkan promo khusus!

Kenali Lingkungan Sekolah

Waktu memutuskan untuk mendaftar ke sekolah impianmu saat PPDB tentunya kamu sudah membayangkan lingkungan seperti apa yang akan kamu tempati selama tiga tahun bersekolah kan? Nah, ada baiknya kamu mengenal lebih jauh tentang lingkungan sekolahmu. Cari tahu lokasi kelas-kelas yang akan kamu tempati, kantin, perpustakaan, dan area-area penting lainnya. Jika memungkinkan, kunjungi sekolahmu sebelum hari pertama untuk melihat-lihat ruangan kelas dan fasilitas sekolah lainnya. Hal ini akan membantu kamu beradaptasi lebih cepat dan tidak kebingungan saat mencari tempat di sekolah.

Perhatikan Jadwal dan Tugas

Persiapan selanjutnya adalah memperhatikan jadwal pelajaran dan tugas-tugas yang akan kamu hadapi. Dapatkan jadwal pelajaranmu dan buatlah catatan atau planner untuk membantu mengatur waktu dan mengingat tugas-tugas yang harus kamu kerjakan. Buat daftar tugas dengan tanggal jatuh tempo sehingga kamu tidak akan melewatkan deadline. Dengan memperhatikan jadwal dan tugas dengan baik, kamu akan lebih siap menghadapi setiap harimu di sekolah.

Kenalan dengan Teman Sekelas

Salah satu hal yang menyenangkan dari sekolah baru adalah bisa bertemu teman-teman baru. Sebagai sesama pejuang sekolah, entah itu lulus jalur PPDB ataupun zonasi dan prestasi, tentunya kamu bakal merasakan sense of belonging karena punya pengalaman tentang itu. Manfaatkan waktu sebelum masuk sekolah untuk mencari tahu siapa saja teman sekelasmu. Kamu bisa mencoba menghubungi mereka melalui grup chat jika sudah ada, atau saling berkenalan saat acara orientasi sekolah. Jangan ragu untuk memperkenalkan dirimu kepada teman sekelas dan berusaha menjalin persahabatan. Ini akan membantu kamu merasa lebih nyaman dan terhubung dengan lingkungan baru.

Jaga Semangat dan Rasa Percaya Diri

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga semangat dan rasa percaya dirimu. Memulai sekolah baru mungkin terasa sedikit menakutkan, tapi ingatlah bahwa setiap siswa di sana juga merasakan hal yang sama. Jadilah dirimu sendiri, tunjukkan bakatmu, dan jangantakut untuk mengambil bagian dalam kegiatan di sekolah. Kamu pasti akan menemukan banyak hal seru dan mengembangkan dirimu di sekolah baru.

Gimana temen-temen JawaraPOSI, udah siap untuk masuk ke sekolah baru? Semoga harimu selalu menyenangkan dan semua cita-citamu tercapai, ya. Share dong, pengalaman kamu lulus PPDB sama POSI! Bisa ketuk dm di Instagram, Twitter, atau Tiktok! Untuk kamu yang ingin mengikuti kompetisi online POSI, bisa cek MemberPOSI atau klik di sini untuk informasi lebih lanjut!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.