Terus berlatih dan jangan cepat puas

Mengerjakan tugas kelompok merupakan tanggung jawab bersama sehingga diperlukan kerjasama yang baik dari masing-masing anggota. Dengan perkembangan teknologi yang ada, pekerjaan tugas kelompok bisa semakin mudah. Apalagi saat ini tersedia banyak tools kerja kelompok yang praktis.

Penggunaan tools sendiri memiliki manfaat yang cukup banyak karena bisa membuat kerja kelompok jadi lebih mudah. Beberapa tools memang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi banyak orang sehingga bisa melakukan kerja sama dengan kelompok tanpa perlu bertatap muka.

Rekomendasi Tools Kerja Kelompok Terbaik

Kerja kelompok membutuhkan kerja sama dan saling support satu dengan yang lain agar hasilnya optimal sesuai keinginan. Namun, ada kalanya tidak semua anggota kelompok bisa berkumpul dan bertatap muka. Kalau sudah begitu, maka peran teknologi sangat dibutuhkan.

Dari sekian banyak tools yang tersedia, ada beberapa rekomendasi tools untuk kerja kelompok yang bisa dipertimbangkan seperti berikut ini:

1.   Google Documents

Google Documents merupakan sebuah tools yang sangat berguna untuk mengerjakan tugas kelompok. Dengan tool ini, maka setiap anggota kelompok bisa berpartisipasi untuk melakukan edit dan memperbaiki tugas secara bersama-sama selama ada koneksi internet yang stabil.

Di dalam tools ini, tersedia berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Di antaranya adalah fitur pengolah kata, presentasi, lembar sebar, formulir, hingga penyimpanan data berbasis web yang gratis.

2.   Trello

Jika tugas kelompok yang dikerjakan berupa project maka salah satu tools yang bisa digunakan adalah Trello. Tools ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan pekerjaan secara runtut dan tertata. Selain itu, anggota kelompok juga bisa mengontrol sejauh mana tugas dikerjakan.

Melalui tools kerja kelompok online ini berbagai macam tugas bisa ditata dengan lebih optimal, baik yang akan dikerjakan, sedang, atau sudah diselesaikan. Dengan begitu, maka seluruh tugas kelompok bisa diselesaikan dengan lebih tertata dan runtut.

3.   Teams

Dengan tools Microsoft Teams, maka pekerjaan kelompok bisa diselesaikan bersama secara lebih mudah. Baik untuk keperluan edit, percakapan, berbagi layar jarak jauh, hingga melakukan rapat. Untuk mengakses tools ini, pastikan koneksi internet dalam kondisi stabil dan lancar.

Microsoft Teams sendiri merupakan pengembangan dari Microsoft Skype for Business. Adapun fitur yang tersedia pada Microsoft Teams antara lain adalah:

Tim

Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk bergabung melalui undangan yang dikirimkan oleh administrator atau pemilik dan bisa juga melalui pranala tertentu.

Kanal

Di dalam fitur ini, anggota kelompok bisa membuat kanal yang digunakan untuk mendiskusikan topik tertentu. Untuk membalas setiap pesan, pengguna bisa mengirimkan pesan teks, meme maupun GIF.

Tersedia pula fitur pesan langsung yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke anggota tertentu. Adapun layanan konektor yang bisa memberikan informasi ke kanal antara lain adalah Facebook, Pages, Twitter, Big News, dan MailChimp.

Panggilan

Fitur ini memungkinkan pengguna atau anggota kelompok untuk melakukan pesan instan, VoIP hingga konferensi video. Bahkan, Teams juga support konferensi PSTN yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan melalui nomor telepon klien.

Pertemuan

Fitur Pertemuan yang disediakan memungkinkan pengguna untuk membuat jadwal pertemuan. Dalam hal ini, setiap pengguna bisa mengetahui adanya pertemuan dengan mengunjungi kanal yang tersedia.

Edukasi

Pada fitur edukasi ini, seorang guru bisa memberikan umpan balik, mendistribusikan dan menilai tugas dari siswa melalui kolom Tugas yang tersedia khusus bagi pelanggan Office 365 for Education.

Mengerjakan tugas kelompok membutuhkan kerjasama yang solid dari semua anggota kelompok. Untuk memudahkan dalam menyelesaikan tugas, maka dibutuhkan tools kerja kelompok yang tepat. Dari tiga rekomendasi tools di atas, manakah yang sering Anda gunakan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.