sikap yang perlu dibangun agar kerja kelompok dapat berhasil dengan baik adalah, artikel tentang kerja kelompok, apakah tantangan yang aku hadapi saat kerja kelompok, cara kerja kelompok yang baik, kesulitan kerja kelompok online, mengapa pembagian tugas harus adil, bagaimana cara agar tugas kelompok bisa efektif, bagaimana sebaiknya sikap setiap anggota dalam kelompok, tips sukses kerja kelompok, contoh kerja kelompok, manfaat kerja kelompok, cara mendapatkan kelompok, kerja kelompok sendirian, malas kerja kelompok

Pandemi yang berlangsung sejak awal tahun 2020 telah menimbulkan dampak yang luar biasa pada setiap aspek kehidupan masyarakat, tak terkecuali dengan dunia pendidikan. Pembelajaran jarak jauh menuntut siswa untuk belajar jarak jauh sehingga dibutuhkan tips sukses kerja kelompok online.

Adanya pembatasan mobilitas menuntut peran aktif dari para siswa untuk tetap bisa mengerjakan berbagai macam tugas kelompok secara online dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. Agar semua berjalan lancar, maka diperlukan tips yang efektif untuk mengerjakan tugas kelompok.

Tips Sukses Kerja Kelompok Online

Keterbatasan untuk melakukan pertemuan secara langsung mau tidak mau harus disikapi dengan maksimal agar tugas kelompok tetap bisa diselesaikan dengan baik. Lantas, bagaimana tips sukses untuk menyelesaikan tugas kelompok secara online? Berikut ini adalah jawaban lengkapnya.

1. Menentukan Media yang Tepat

Menentukan media yang tepat untuk mengerjakan tugas kelompok merupakan kebutuhan yang sangat penting dan akan berpengaruh pada efektivitas kerja kelompok. Hal ini dikarenakan setiap media memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, pastikan media yang dipilih bisa diakses oleh semua anggota kelompok dengan mudah. Sebagai contoh, untuk media seperti Microsoft Teams membutuhkan perangkat yang kompatibel dan tidak semua perangkat support.

Agar semua anggota kelompok bisa mudah dalam mengakses, maka sebaiknya memilih jenis media yang familiar dan ringan. Beberapa di antaranya, Zoom atau fitur Video Call dari Whatsapp.

2. Mengatur Waktu yang Tepat

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengatur waktu yang tepat. Pastikan waktu yang dipilih memungkinkan semua anggota kelompok untuk ikut serta secara aktif. Oleh karena itu, diperlukan diskusi lebih lanjut dalam menentukan waktu terbaik.

3. Perhatikan Deadline

Tips sukses kerja kelompok online selanjutnya adalah memperhatikan deadline yang telah ditentukan. Hal ini sangat penting agar kerja kelompok semakin efektif dan bisa diselesaikan tepat waktu sesuai deadline. Mulai dari tahap penyusunan, edit, hingga tahap penyelesaian.

4. Pembagian Tugas

Seperti kerja kelompok pada umumnya, di dalam kerja kelompok online juga diperlukan pembagian tugas yang efektif. Hal ini bertujuan agar semua ikut berperan aktif dan tidak hanya menumpang nama saja.

Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa semua anggota kelompok mendapatkan tugasnya masing-masing. Hal ini cukup penting agar tidak terjadi konflik antar anggota kelompok yang merasa terlalu dibebani dengan tugas yang banyak sementara ada yang numpang nama saja.

5. Sosok Pemimpin yang Tegas

Terkait dengan pembagian tugas, dalam kerja kelompok tentu dibutuhkan sosok pemimpin yang tegas. Dalam hal ini, peran pemimpin sangat penting karena memiliki tugas untuk memantau perkembangan kerja kelompok sesuai dengan tugas masing-masing anggota.

6. Terbuka dengan Saran dan Kritik

Anggota kelompok telah memiliki tugasnya masing-masing dan sudah seharusnya dikerjakan secara maksimal demi kepentingan bersama. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi anggota lain untuk memberikan masukan, saran maupun kritik agar hasilnya lebih maksimal.

Kerja kelompok yang baik dan efektif akan selalu terbuka dengan saran dan kritik. Masing-masing anggota bisa mendiskusikan bagaimana tugasnya kepada anggota yang lain sehingga bisa saling memberikan masukan untuk hasil yang terbaik.

7. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Melakukan kerja kelompok secara online memang membutuhkan persiapan yang baik, salah satunya tentu saja koneksi internet yang stabil. Tanpa adanya jaringan internet yang stabil, maka kerja kelompok bisa terhambat dan bahkan tidak bisa diselesaikan sesuai deadline.

Bagaimana, sudah lebih paham kan bagaimana tips sukses kerja kelompok secara online? Pastinya, untuk mendapatkan hasil kerja kelompok yang terbaik, masing-masing anggota harus berperan aktif dan mau menerima masukan dari yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.