POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik
tritura

Halo Jawara POSI! Tri Tuntutan Rakyat (Tritura) yang diperingati setiap tanggal 10 Januari, adalah tiga tuntutan masyarakat kepada pemerintah mengenai 3 hal, yakni pembubaran PKI, perombakan kabinet Dwikora, dan penurunan harga pangan. Hal ini memiliki makna mendalam untuk sejarah perjuangan Indonesia.

Untuk memahami sepenuhnya signifikansi Hari Tritura, kita perlu menjelajahi apa itu Tri Tuntutan Rakyat dan isi tuntutannya yang terkenal.

Latar Belakang Tritura

Pada awalnya, Tri Tuntutan Rakyat (Tritura) merupakan sebuah inisiatif dari rakyat Indonesia untuk mengajukan tiga tuntutan utama kepada pemerintah pada saat itu.

Tuntutan ini digaungkan oleh mahasiswa-mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) yang selanjutnya diikuti dengan beberapa kesatuan aksi lainnya dari pelajar, buruh, sarjana, wanita, guru, dan lainnya.

Hal ini dilatar belakangi oleh ketidak puasan mahasiswa terhadap kelalaian pemerintah untuk seruan pembubaran organisasi Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dianggap telah menodai nilai-nilai pancasila dan hak asasi manusia melalui aksi G-30SPKI, 1965 lalu.

Keadaan bangsa diperparah dengan naiknya harga pangan dan bahan bakar minyak (BBM). Maka pada 10 Januari 1966, KAMI beserta KAPPI mengadakan kesatuan aksi untuk menuntut pemerintah dengan formulasi yang disebut Tri Tuntutan Rakyat. Nah, apa saja sih, isi dari Tritura? Yuk, kita simak!

Isi Tri Tuntutan Rakyat:

Isi dari Tritura ada tiga hal yakni:

  • Pembubaran PKI dan ormas-ormasnya
  • Perombakan kabinet Dwikora
  • Turunkan harga

Tuntutan-tuntutan ini direspon pemerintah. Pada tanggal 21 Februari 1966, presiden saat itu yakni Ir. Soekarno langsung mengumumkan adanya perombakan kabinet yang mana di dalamnya banyak simpatisan PKI menduduki kursi jabatan. Hal ini ditanggapi para penuntut dengan aksi demonstrasi yang lebih sering.

Kesimpulan

Akhir kata, hari Tritura yang diperingati setiap tanggal 10 Januari menjadi momen refleksi bagi masyarakat Indonesia untuk mengevaluasi sejauh mana tuntutan Tri Tuntutan Rakyat telah terpenuhi dan bagaimana nilai-nilai perjuangan tersebut dapat diaplikasikan dalam konteks masa kini.

Peringatan ini tidak hanya sebagai kenangan, tetapi juga sebagai inspirasi untuk terus memperjuangkan kesejahteraan dan keadilan di Indonesia. Mari kita sambut Hari Tritura dengan semangat perenungan dan komitmen untuk membangun negeri yang lebih baik.

Follow POSI di InstagramTwitterTiktok, dan jangan lupa subscribe di Youtube POSI.

Informasi lebih lengkap seputar produk dan layanan POSI subscribe ke POSI.id dengan cara mengisi pop-up yang muncul di laman website.

Kamu bisa melempar pertanyaan, keluhan, dan saran seputar produk dan pelayanan POSI, kirimkan email ke [email protected] dan telepon ke call center POSI di (+62) 821 6544 1992.

Dapatkan informasi seputar kompetisi online dan offline POSI di 2024, kamu bisa cek di Instagram @posikompetisi atau cek di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.