Sudah menjadi rahasia umum sejak zaman nenek moyang bahwa membaca bisa memberikan segudang manfaat, karena itu ada pepatah bahwa membaca adalah jendela dunia. Jadi, sangat penting bagi setiap orang tua untuk mengetahui cara meningkatkan minat baca pada anak sejak usia dini.

Manfaat Suka Membaca Sejak Dini

Anda mungkin sudah tahu bahwa hanya dengan membaca, seorang individu bisa memiliki banyak ilmu dan wawasan bahkan tanpa perlu mengikuti pendidikan formal.

Berwawasan luas seperti ini tentunya akan memberikan nilai lebih di mata masyarakat terutama di lingkungan kerja. Karena alasan inilah sejumlah pakar anak setuju bahwa membaca adalah salah satu keterampilan paling mendasar yang perlu diajarkan pada anak agar bisa sukses di masa depan.

Lebih dari sekedar menambah dan mengembangkan kosakata, keterampilan membaca yang baik pada anak-anak juga bisa meningkatkan rentang perhatian, melatih fokus, dan bahkan mampu mendorong pemikiran analisisnya.

Alasan Anak Tidak Suka Membaca

Meskipun memiliki banyak manfaat, sayangnya tidak semua anak suka membaca. Secara umum, inilah sejumlah alasannya:

  • Anak merasa bahwa membaca adalah tugas yang berat (seperti mengerjakan PR dari sekolah).
  • Anak mengalami kesulitan membaca.
  • Anak menganggap membaca itu membosankan.
  • Anak belum menemukan buku yang tepat.

Bagaimana Cara Kita untuk Meningkatkan Minat Baca?

Jika Anda sudah tahu mengapa anak tidak suka membaca, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dan mulai membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan dengan sejumlah cara berikut:

1.    Membaca Bersama

Kunci untuk membuat anak Anda tertarik membaca adalah melakukan kegiatan membaca bersama di rumah sejak usia dini. Karena itu banyak para ibu yang suka membacakan dongen sebelum sang anak tidur di malam hari.

Sering membaca bacaan-bacaan ringan dan menyenangkan seperti ini akan membuat anak menganggap bahwa membaca adalah hal yang membuat gembira, dan pemikiran seperti ini akan membantunya mengembangkan motivasi untuk membaca.

2.    Buat Area Membaca

Buatlah area membaca yang menyenangkan dan menarik untuk anak Anda, sehingga ia bisa betah untuk berada di area tersebut dan terbiasa dengan buku-buku bacaan.

Anda bisa tempatkan kursi bean bag yang nyaman, dekorasi ruangan dengan benda-benda kesukaan si anak, taruh berbagai buku, dan anak Anda akan memiliki sudut bacanya sendiri yang nyaman.

3.    Biasakan Membaca di Mana Saja

Selain membiasakan membaca bersama di rumah, ajari anak Anda bahwa membaca lebih dari sekadar membaca buku. Saat pergi bersama, ajari anak untuk membaca menu, nama film, rambu jalan, petunjuk permainan, dan banyak lagi.

4.    Berikan Contoh

Cara meningkatkan minat baca yang paling efektif adalah dengan memberikan contoh atau bertindaklah sebagai panutan. Jika sang anak sering melihat Anda membaca majalah, buku, atau bacaan lain apapun, maka Anda menunjukkan kepada anak bahwa membaca itu penting.

Saat Anda membaca, ajaklah anak untuk ikut membaca tapi dengan buku bacaannya sendiri. Tapi lakukan ini saat usia anak Anda sudah cukup untuk bisa membaca sendiri, misalnya setelah berusia 5 tahun atau lebih.

5.    Cari Tahu Minat Anak Anda

Setelah terbiasa membaca bersama selama beberapa waktu, Anda pasti bisa tahu apa saja minat anak sebenarnya terhadap tema cerita atau buku yang selama ini Anda bacakan.

Lebih mudah lagi jika sang anak sudah bisa diajak ngobrol dan mulai berpikir, Anda bisa langsung menanyakan kepada sang anak apa bacaan favoritnya. Jika cara ini tidak berhasil, maka coba jelajahi berbagai genre berbeda untuk menemukan minat yang sebenarnya.

Setelah mengetahui minat sang anak, cari dan kumpulkan buku-buku yang relevan di rumah. Jika si anak tertarik dengan hewan-hewan misal, maka kumpulkan buku yang berisi berbagai nama hewan lengkap dengan gambarnya.

Membaca buku dengan tema yang diminati akan membuat kegiatan membaca terasa menyenangkan dan bahkan ketagihan. Semakin tertarik anak Anda pada suatu subjek, anak akan semakin bersemangat untuk membaca bahkan tanpa perlu ditemani lagi.

6.    Buat Daftar Bacaan

Setelah mengumpulkan sejumlah buku yang sesuai dengan minat anak, buatlah daftar buku tersebut agar bisa dibaca secara rutin. Jadi, nantinya buku yang dibaca bukan hanya itu-itu saja. Cara ini akan membuat anak tidak mudah bosan membaca dan akan selalu menemukan hal baru di setiap buku yang ia baca.

7.    Atur Waktu

Jika sejumlah cara meningkatkan minat baca di atas berhasil membuat anak Anda suka membaca, selanjutnya cobalah untuk tetap mengatur waktunya saat membaca.

Jadi, jangan biarkan sang anak menghabiskan berjam-jam membaca buku dan melupakan makan atau waktu istirahat, karena hal ini juga tidak baik untuk kesehatan matanya.

8.    Selalu Membawa Buku

Biasakan sejak kecil untuk membawa buku bacaan saat Anda bepergian dengan sang anak, terutama saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi atau kereta api.

Hal ini akan menjadi kebiasaan bagus hingga sang anak tumbuh dewasa. Jadi, saat nanti ia sudah sekolah atau bekerja, ia bisa memanfaatkan waktu luang untuk membaca buku-buku yang bermanfaat.

Gunakan delapan cara meningkatkan minat baca di atas untuk membuat anak suka membaca sejak dini. Hal terpenting untuk diingat adalah membaca harus menjadi pengalaman yang menyenangkan. Jadi, jangan membuat anak membaca terlalu banyak dalam satu waktu atau memaksa saat ia sedang tidak mood.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.