Sertifikat untuk snmptn

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN termasuk jalur yang tidak mudah untuk dilalui, bahkan jumlah kuotanya tidak banyak. Selain nilai ujian dan rapor yang bagus, konon sertifikat lomba juga bisa berguna, lho. Apakah sertifikat peserta berguna untuk SNMPTN?

Apa Itu Sertifikat Lomba?

Sertifikat lomba adalah sebuah lembar kertas yang membuktikan bahwa orang yang memilikinya pernah ikut serta atau berpartisipasi dalam sebuah perlombaan, seperti lomba menyanyi misal, baca puisi, lari jarak jauh, pertandingan sepak bola, dan sebagainya.

Isi sertifikat ini cukup sederhana namun jelas, yang terdiri dari nama peserta, nama perlombaan yang diikuti, nama instansi atau lembaga yang mengadakan lomba serta mengeluarkan sertifikat tersebut, dan lokasi/tempat dari perlombaan tersebut lengkap dengan tanggalnya.

Ada sertifikat lomba yang bisa didapat oleh semua peserta lomba di tingkat tertentu (misalnya minimal di tingkat provinsi), tapi tidak semuanya adalah pemenang.

Jadi, sertifikat ini hanya bukti bahwa nama orang yang tertulis pernah menjadi peserta lomba, bukan juara. Tapi, ada juga sertifikat yang hanya bisa diperoleh oleh pemenang, bukan semua peserta.

Kegunaan Sertifikat Lomba

Meskipun sertifikat tidak menyatakan bahwa Anda hanyalah peserta dan bukan pemenang, sertifikat ini tetap berguna untuk:

  • Sebagai dokumen tambahan untuk menambah nilai plus saat mendaftar ke SMA atau universitas.
  • Menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi sejumlah perusahaan saat melamar pekerjaan, terutama jika perlombaan yang Anda ikuti relevan dengan jenis perusahaan yang Anda lamar.
  • Bisa membantu mendapatkan beasiswa sekolah atau kampus, meskipun tetap harus dibarengi dengan nilai akademik yang bagus.
  • Memberikan pengalaman berharga dan menambah wawasan karena pernah mengikuti perlombaan tertentu.
  • Sertifikat dalam jumlah banyak juga bisa menjadi koleksi di rumah.

 

Jenis Sertifikat yang Berguna untuk SNMPTN

Ribuan calon mahasiswa yang mendaftar lewat jalur SNMPTN kemungkinan besar adalah pemilik nilai-nilai tertinggi dari masing-masing sekolah. Karena itu, Anda harus membuat diri Anda tampak lebih unggul dengan melampirkan satu atau lebih sertifikat.

Jadi, jika kembali ke pertanyaan apakah sertifikat peserta berguna untuk SNMPTN? Jawabannya tentu saja adalah “Iya”. Tapi selain mencantumkan sertifikat, Anda juga tetap harus unggul dalam nilai akademik.  Inilah beberapa jenis sertifikat yang paling berguna untuk mendaftar SNMPTN:

1.     Sertifikat OSN

Sertifikat untuk snmptn

Olimpiade Sains Nasional atau biasa disingkat OSN dan kini sudah berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah salah satu olimpiade paling bergengsi dan populer di kalangan anak sekolah.

Olimpiade yang rutin digelar setiap tahun sejak 2002 ini benar-benar eksklusif, karena hanya murid-murid super berprestasi yang bisa lolos seleksi dan menjadi juara. Bukan sembarang prestasi, para peserta adalah murid-murid yang pandai di bidang Sains lho, jadi sudah terbayang dong seperti apa pintarnya?

Jadi jika Anda berhasil menjadi peserta olimpiade ini dan meskipun tidak juara, maka sudah menjadi bukti nyata bahwa Anda adalah murid berprestasi yang layak dipertimbangkan oleh pihak kampus.

Namun, sertifikat olimpiade Sains ini hanya bisa menambah poin Anda jika Anda minimal sudah berhasil menjadi peserta di tingkat kota/kabupaten, bukan masih berada di lingkup sekolah. Bila kamu ingin mendapatkan sertifikat OSN kamu dapat mengikuti berbagai kompetisi dan olimpiade yang diadakan oleh POSI dengan cara bergabung menjadi Member POSI.

 

2.     Sertifikat O2SN

Sertifikat o2sn

Jika kurang pandai di bidang akademik dan lebih suka olahraga, maka Anda bisa terus berlatih agar mampu ikut serta dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Anda bisa memilih cabang olahraga yang paling sesuai dengan kemampuan atau minat mulai dari pencak silat, renang, karate, senam, atau atletik.

Sifat dari sertifikat O2SN ini mirip dengan sertifikat olimpiade sains, yaitu menambah nilai plus Anda dalam bidang olahraga dan pastinya pihak kampus membutuhkan orang-orang seperti Anda untuk mengisi organisasi kampus yang relevan.

 

3.     Sertifikat Keahlian Khusus

Sertifikat keahlian khusus

Sertifikat jenis ini biasanya lebih mudah didapat oleh Anda yang bersekolah di sekolah kejuruan/SMK. Sertifikat ini akan menjadi bukti bahwa Anda memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang tertentu sesuai yang ditulis di dalam sertifikat, misalnya di bidang TI, otomotif, atau yang lainnya.

Namun, sertifikat jenis ini hanya cocok ditambahkan ke dalam berkas pendaftaran untuk masuk ke universitas yang memiliki jurusan sama dengan isi sertifikat Anda. Jadi, jika Anda ingin masuk kedokteran tapi Anda menambahkan sertifikat otomotif, maka akan kurang berguna.

4.     Sertifikat LKTI

Sertifikat LKTI

LKTI adalah singkatan dari Lomba Karya Tulis Ilmiah yang rutin diadakan setiap tahun dengan tingkatan peserta adalah murid SMA atau sederajat.

Sayangnya, sertifikat dari ajang kompetisi penelitian ilmiah ini hanya bisa didapat oleh peserta yang berhasil menjadi juara. Jadi jika berhasil memiliki sertifikat ini, pihak kampus tidak perlu lagi meragukan kemampuan Anda di bidang karya tulis ilmiah.

5.     Sertifikat FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional)

Sertifikat Fls2n untuk snmptn

Jika saat SMA sudah berangan-angan untuk masuk ke kampus dengan jurusan seni, maka Anda harus rajin mengasah kemampuan dan mengikuti FLS2N agar bisa mendapatkan sertifikatnya. Cabang dari FLS2N sendiri ada banyak, mulai dari melukis, tari, puisi, musik, dan sebagainya.

 

Apakah sertifikat lomba itu penting? Berdasarkan daftar manfaat sertifikat lomba dan seluruh penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan ini adalah “Iya”. Karena itu, rajinlah untuk mengikuti berbagai perlombaan agar bisa memperoleh banyak sertifikat.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan sertifikat-sertifikat diatas untuk SNMPTN kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi dan olimpiade yang diadakan oleh POSI dengan cara bergabung menjadi Member POSI.

 

 

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.