Contoh Soal AKM 2022 Numerasi dan Literasi saat ini sangat dibutuhkan oleh para siswa sebagai persiapan untuk menghadapi Ujian AKM. AKM atau lebih dikenal dengan Asesmen Kompetensi Minimum, adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM terdiri atas dua kompetensi mendasar yang diukur, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Selain itu, AKM sendiri memiliki beberapa level, yaitu Level 3 AKM untuk tingkat SD , Level 4 AKM untuk tingkat SMP, dan Level 5 AKM untuk tingkat SMA.

Bagi kamu yang akan menjalani Tes AKM tentunya kamu harus melakukan persiapan khusus dan rajin mengasah soal untuk dapat mendapatkan nilai yang terbaik. Untuk membantu kamu dalam menjawab soal AKM, kami dari pihak POSI akan memberikan beberapa gambaran contoh soal AKM 2022 beserta jawabannya. Mulai dari contoh soal akm sma, contoh soal akm smp, contoh soal sd, contoh soal akm kelas 5, contoh soal akm smp kelas 8, contoh soal akm kelas 11, contoh soal akm pusmenjar, dll.  Berikut ini beberapa gambaran contoh soal AKM Numerasi dan Literasi.

Contoh Soal AKM 2022 Numerasi

1. Soal Level 3 (Kelas 5 & 6 SD)

Kompetensi dasar        : Menyatakan bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma dan persentase dalam bentuk pecahan, atau sebaliknya. Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal AKM Level 3 Numerasi

Pertanyaan:

Pada label kemasan susu kotak di atas, dalam 225 mL terdiri dari berapakah jumlah persentase (dalam bentuk pecahan) kalsium dan protein?

a. 30/100

b. 31/100

c. 32/100

d. 33/100

Jawaban : b

Pembahasan

Pada label kemasan susu kotak di atas, terdapat persentase kalsiumnya 20% dan persentase proteinnya 11%, maka jumlah persentase kalsium dan proteinnya yaitu 20%+11%=31% atau 31/100 .

 

2. Soal Level 4 (Kelas 7-9 SMP)

Posyandu 1

Contoh Soal AKM 2022 Numerasi Level 4

Peran posyandu atau pos pelayanan terpadu di tengah masyarakat sangatlah besar. Posyandu memberikan layanan kesehatan ibu dan anak di suatu daerah. Kegiatan di posyandu meliputi penimbangan berat badan dan pemberian asupan gizi yang seimbang. Posyandu dilaksanakan atas kerja sama antara masyarakat dan puskesmas. Biasanya kegiatan posyandu dilaksanakan secara berkala dan terjadwal. Berikut disajikan hasil penimbangan berat badan terhadap lima bayi pertama yang didata pada suatu hari.

No Nama Bayi Berat Badan (kg)
1. Yunita 8,50
2. Rendy Rizky 7,80
3. Sudirman Budi 10,20
4. Wenty Yohana 9,50
5. Dewi Sinta 12,00
Jumlah 48,00

Berat badan Rendy rizki dalam pecahan biasa adalah…

a. 35/5

b. 36/5

c. 38/5

d. 39/5

Jawaban: D

Pembahasan:

Berat badan Rendy Rizky =7,80=7810=745=39/5

3. Soal Level 5 (Kelas 11-12 SMA)

Kompetensi dasar        : Menghitung volume dan luas permukaan limas segi-n, kerucut, dan bola. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal AKM 2022 Numerasi Level 5

Nampan pada tumpeng tersebut jika diberdirikan akan setinggi 50 cm. Tumpeng tersebut akan diletakkan tepat di tengah, jika masing-masing ujung tumpeng berjarak 7,5 cm dari ujung nampan. Berapa isian nasi yang dibutuhkan agar tumpeng tersebut padat, jika tinggi tumpeng yang diinginkan adalah 30 cm?

a. 625 cm3

b. 96,25 liter

c. 96.250 ml

d. 38.500 cm3

e. 3,85 liter

 

Jawaban : a

Pembahasan

Isi tumpeng = volume kerucut.

Diameter tumpeng berada 7,5 cm dari masing masing ujung yang artinya 50-7,5-7,5=35 cm. Sehingga jari-jarinya adalaah 17,5 cm.

13×π×r2×t=13227×17,5×17,5×30=9.625 cm3

 

Contoh Soal AKM 2022 Literasi

4. Soal Level 3 (Kelas 5 & 6 SD)

Kompetensi Dasar :Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks informasi 

Blacky Si Anjing Setia

Maulana adalah seorang penyayang binatang. Ia memelihara seekor anjing kampung berwarna hitam yang ia beri nama Blacky. Setiap hari Maulana selalu mengurus Blacky dengan penuh kasih sayang, mulai dari memberi makan dan minum sampai mengajak main bersama. Anjing hitam tersebut awalnya merupakan seekor anjing liar yang terlantar di jalan, hingga Maulana menemukannya dan merawatnya dengan baik. Ketika ia menemukan Blacky, kondisinya anjing itu sangatlah memprihatinkan dengan tubuh kurus kering. Setelah lebih dari satu tahun bersama Maulana, kini badan Blacky sudah berisi dan tampil kuat. Setiap hari setelah pulang sekolah, Blacky selalu duduk di teras rumah menyambut kedatangan Maulana. (Sumber: https://www.99.co/blog/indonesia/contoh-cerita-fiksi-singkat/)

Berikut ini merupakan informasi tepat yang dapat kita temukan pada teks di atas, kecuali

  1. Maulana merupakan seorang penyayang binatang.
  2. Maulana memelihara seekor kucing kampung bernama Blacky.
  3. Maulana menemukan Blacky dengan kondisi tubuh kurus kering.
  4. Blacky selalu duduk di teras rumah menyambut Maulana pulang dari sekolah.

Jawaban : B

Pembahasan

Opsi A, C, dan D merupakan informasi tepat yang dapat ditemukan pada teks tersebut. Sedangkan Opsi B bukan merupakan pernyataan yang tepat. Berdasarkan teks tersebut, Maulana memelihara seekor anjing, bukan kucing.

5.  Soal AKM Level 4 (Kelas 7-9 SMP)

Kompetensi Dasar : Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi.

Bacalah teks berikut!

Jaka dan Pengemis

Di sebuah desa, tinggallah seorang pria bernama Jaka dan juga keluarganya. Jaka memiliki seorang istri dan 3 anak yang harus diberinya makan. Sayangnya saat itu sedang musim hujan dan sudah lebih dari satu minggu hujan tidak berhenti. Karena hujan, Jaka tidak bisa bekerja untuk membeli makanan untuk anak dan istrinya, persediaan makanan pun sudah habis dan tidak cukup untuk hidup besok-besoknya.

Istri Jaka menghampiri suaminya dengan membawa lima buah kentang, katanya makanan di dapur tinggal itu saja dan tidak ada yang lain. Jaka kemudian menyuruh istrinya untuk memberikan kentang tersebut pada anaknya, dan ia akan keluar untuk mencari bahan makanan meski sedang hujan.

Ketika hendak keluar rumah, pintu rumah Jaka pun diketuk oleh seorang pengemis. Melihat pengemis yang renta dan kelaparan membuat Jaka tidak tega dan memberikannya lima buah kentang yang disimpannya untuk anak-anaknya. Pengemis tersebut menerima 4 buah kentang dari Jaka dan memberikan 1 sisanya kepada Jaka. Ia menyuruh Jaka untuk memberikan 1 buah kentang tersebut kepada anak-anaknya.

Setelah pengemis pergi, secara ajaib 1 buah kentang yang dipotong tersebut setiap potongannya akan menghasilkan 5 buah kentang yang baru, begitu seterusnya. Alhasil keluarga Jaka tidak lagi kekurangan makanan, bahkan ia bisa menanam sisa kentang untuk jadi bahan panennya nanti, dan sisanya ia berikan kepada tetangga-tetangganya.

(Sumber: https://www.prestasiglobal.id/10-kumpulan-contoh-cerita-pendek-untuk-anak-sekolah-dasar/)

Apa yang menyebabkan Jaka tidak dapat bekerja dan membeli makanan untuk anak dan istrinya? 

  1. Sakit
  2. Hujan
  3. Keadaan fisik
  4. Kendaraan yang rusak

Jawaban : B

Pembahasan

Penyebab Jaka tidak dapat bekerja dan membeli makanan untuk anak dan istrinya adalah dikarenakan hujan (Opsi B). Hal tersebut disampaikan pada kalimat keempat paragraf pertama pada teks cerita tersebut.

 

6. Soal Level 5 (Kelas 11-12 SMA)

Kompetensi dasar  : Mengakses dan mencari informasi dalam teks Soal

Bacalah teks berikut dengan saksama!

Misteri Kematian Marylin Monroe

Dalam autobiografinya yang berjudul My Story (1974), Monroe mengaku ragu ketika pertama kali bertemu Joe. Ia khawatir Joe akan bertingkah congkak lantaran status selebritas dan pemain bintang dalam cabang olahraga paling populer di seluruh negeri.

Dalam film The Seven Year Itch (1955), Monroe tampil dengan adegan ikonisnya: gaun putih berkibar. Foto itu menjadi salah satu foto selebritas paling populer yang pernah dibuat. Joe langsung tidak senang. Hubungan mereka yang baru dimulai pun langsung dibumbui cemburu berat.

Joe jadi semakin posesif. Media massa bahkan mendapat informasi soal Joe yang mulai menyakiti Monroe secara fisik. Setelah kembali ke Hollywood, Monroe menuntut cerai pada Oktober 1954 setelah hanya sembilan bulan menikah. Delapan tahun kemudian, Monroe meninggal di usia 36 tahun dengan cerita konspiratif yang melibatkan Joe.

Konspirasi itu salah satunya menyebutkan bahwa Joe adalah bagian dari mafia Italia di AS.

“Suatu ketika, Joe terlihat di sebuah restoran Italia. Ia berkumpul bersama orang-orang yang terlibat dalam jaringan yang diduga mafia Cleveland,” tulis Michael Seidel dalam Streak: Joe DiMaggio and the Summer of ’41 (1988:277).

Meski atlet besar, di sebagian besar masa dewasanya, Joe dikenal sebagai perokok berat. Kebiasaan merokok ini membuatnya menderita kanker paru-paru hingga harus dirawat selama lebih dari 3 bulan di Memorial Regional Hospital. Ia baru kembali ke rumah pada 19 Januari 1999 dan meninggal dua bulan kemudian.

(Sumber: https://tirto.id/joe-dimaggio-legenda-bisbol-as-misteri-kematian-marilyn-monroe-gpES)

Apa konspirasi yang menyebabkan kematian Marylin Monroe?

  1. Joe adalah perokok berat
  2. Joe adalah bagian dari misteri ini
  3. Joe adalah bagian dari mafia Italia
  4. Joe adalah seorang pembunuh
  5. Joe adalah seorang pencemburu berat

Jawaban: C

Pembahasan:

Dijelaskan di dalam teks tersebut jika konspirasi kematiannya Marylin Monroe adalah Joe merupakan bagian dari mafia Italia.

 

Itulah beberapa gambaran contoh-contoh soal AKM beserta jawabannya. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan tes AKM bisa join Member POSI ya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.