Olimpiade Sains Virtual

Bagaimana cara menjadi juara KSN? Apakah harus belajar selama berjam-jam setiap hari? Apakah tidak pernah lagi ada waktu untuk bermain dan bersantai? Jawabannya adalah “tidak”. Sebenarnya, para juara ini juga memiliki jadwal harian yang mirip dengan kebanyakan murid lainnya.

Jadi, mereka tetap memiliki waktu untuk bersantai, menonton TV, tidur, membaca komik mungkin, dan sejenisnya. Hanya saja, porsinya tidak sebanyak murid-murid lain. Selain itu, para juara ini sudah menemukan cara paling efektif untuk belajar. Seperti apa sih caranya? Cek penjelasan di bawah ya.

Bagaimana Cara Menjadi Juara KSN?

Sudah tahu kan kalau KSN adalah perlombaan paling bergengsi? Ajak kompetisi ini benar-benar melakukan penyaringan ketat untuk mendapatkan beberapa murid paling pintar di bidang Sains dari ribuan murid pintar lain di seluruh Indonesia.

Dengan kata lain, murid yang menjadi juara sudah bisa dipastikan sangat pintar dan tidak perlu diragukan lagi kepintarannya. Tapi jangan salah, gelar juara tersebut tidak didapat dengan mudah bahkan untuk murid yang sangat pintar sekalipun.

Tetap ada proses dan persiapan panjang serta matang agar benar-benar bisa menjadi pemenang olimpiade. Jika Anda berencana untuk ikut serta dalam olimpiade ini di tahun depan, inilah beberapa tips dasar yang perlu Anda terapkan agar mengetahui bagaimana cara menjadi juara KSN:

 

1.     Pilih Bidang Studi yang Tepat

Cara menjadi juara ksn

KSN itu dibagi menjadi beberapa bidang, mulai dari pelajaran umum seperti Matematika, Kimia, Fisika, Ekonomi, Geografi, dan Biologi, hingga yang lebih sulit seperti Informatika, Kebumian, dan Astronomi. Namun, jenis bidangnya akan berbeda tergantung pada tingkatan peserta, apakah SD, SMP, atau SMA. Khusus untuk SD, bidang studi yang dilombakan hanya Matematika dan IPA, dan untuk SMP terdiri dari Matematika, IPA, dan IPS.

 

2.     Pelajari Habis Materi Dasar

Pelajari habis materi dasar

Jika sudah mantap untuk ikut serta dalam KSN, pertama putuskan dulu bidang studi apa yang ingin dipilih. Pastikan untuk memilih yang paling Anda kuasai, lalu fokuslah pada bidang tersebut dan pelajari semua materi dasarnya. Jika saat ini Anda kelas XII SMA misal, dan memilih bidang studi Geografi, maka jangan hanya mempelajari materi Geografi kelas XII SMA, tapi harus seluruh materi Geografi kelas X – XII. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena tidak ada yang tahu materi dari kelas berapa yang akan dijadikan soal. Begitu pula jika saat ini Anda kelas IX SMP misal, dan memutuskan untuk ikut KSN bidang studi IPA, maka pelajari semua materi IPA kelas VII – IX.

Agar bisa mempelajari seluruh materi dasar, kumpulkan dulu semua sumber daya yang dibutuhkan, bisa dari buku-buku di perpustakaan, soal-soal dalam jurnal, atau pun dari internet. Cara terbaik untuk menguasai materi dasar adalah jangan menghafal, tapi dengan menerapkan konsep “Mindful Learning”. Konsep ini terbukti ampuh untuk menyerap berbagai materi karena Anda melakukannya dengan cara menghayati materi (bukan menghafal), lalu mengaitkannya dengan konsep, dalil, hukum, dan teorema dalam kehidupan sehari-hari.

 

3.     Perdalam Materi

Perdalam Materi

Jika sudah berhasil menguasai materi dasar, selanjutnya lakukan pendalaman materi dengan mempelajari materi yang lebih luas tapi masih berkaitan dengan materi dasar tadi. Pada materi yang lebih luas ini, Anda akan menemukan sejumlah konsep yang lebih kompleks dan dijelaskan dengan lebih terperinci. Kenapa sih hal ini harus dilakukan? Karena biasanya, ada beberapa soal dalam KSN yang merupakan soal pengembangan dan/atau modifikasi dari materi dasar. Bahkan, ada beberapa soal yang dibuat dari buku-buku luar negeri. Lantas bagaimana cara memperdalam materi? Jika Anda berada di tingkat SMP, maka pelajari juga materi untuk tingkat SMA. Jika Anda mengikuti KSN tingkat SMA, maka pelajari juga materi perguruan tinggi. Pola belajar seperti ini sudah tidak asing lagi di lingkungan Kompetisi Sains Nasional, jadi jangan kaget jika ada banyak hal yang memang perlu dipelajari dan dikuasai.

4.     Bergaul dengan Anak Olimpiade

Cara menjadi juara KSN

Anda bisa dengan mudah memperluas ilmu, wawasan, tips dan trik, atau hal lain apapun yang berkaitan dengan olimpiade jika Anda berada di lingkungan pertemanan dengan murid-murid lain yang sering mengikuti olimpiade, meskipun tidak menjadi juara, ya. Tapi memang lebih bagus lagi jika berhasil berteman dengan anak juara olimpiade. Meski terkesan tidak penting, tapi lingkungan pertemanan yang seperti ini akan sangat berpengaruh terhadap motivasi dan semangat Anda dalam mempersiapkan olimpiade. Anda bisa mendapatkan cerita dan pengalaman dari mereka seputar olimpiade dan bahkan mungkin mereka bisa membantu Anda mempelajari materi yang sulit. Anda bisa mendapatkan murid-murid olimpiade tidak hanya dari dalam sekolah tapi juga dari beberapa sekolah lain.

5.     Terus Berlatih dan Jangan Cepat Puas

Terus berlatih dan jangan cepat puas

Jika empat hal di atas sukses dilakukan, kini saatnya memantapkan ilmu yang sudah dipelajari dengan berlatih mengerjakan soal berbagai tipe dan jenis. Anda bisa mendownload contoh-contoh soal olimpiade dari internet, atau juga dari buku-buku di perpustakaan. Jika sudah berhasil mengerjakan 100 soal misal, maka jangan langsung puas. Anda masih harus berlatih mengerjakan ratusan soal lain agar terbiasa dengan berbagai tipe soal.

Sudah tahu kan bagaimana cara menjadi juara KSN? Caranya memang tidak mudah bahkan termasuk sangat sulit. Karena itu, mulailah melakukan persiapan setidaknya 1 tahun sebelum perlombaan dengan cara rajin mengikuti olimpiade atau kompetisi-kompetisi. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi yang diadakan oleh POSI.

 

 

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.