Manfaat mengikuti olimpiade sains nasional

Jika Anda termasuk siswa yang berada di kelompok biasa saja, Anda mungkin sering bertanya-tanya, kenapa sih banyak siswa pintar yang tertarik ikut olimpiade Sains? Apasih motivasi mengikuti olimpiade sains nasional bagi mereka? Padahal kan harus belajar mati-matian. Memangnya apa sih manfaat mengikuti Olimpiade Sains Nasional? Ini dia jawabannya:

Manfaat dan Alasan Mengikuti Olimpiade

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia secara rutin mengadakan Olimpiade Sains Nasional atau disingkat OSN sejak tahun 2002. Olimpiade ini akan membuat ribuan sekolah di tanah air mengirimkan siswa-siswi terbaiknya untuk memperebutkan gelar juara di tingkat Nasional. Namun, sebelumnya akan ada penyaringan di tingkat kota/kabupaten dan provinsi. Juara dari olimpiade ini pastinya akan langsung dikenal oleh satu Indonesia dan semua orang akan mengakui kepintarannya. Tapi lebih dari sekedar populer, olimpiade ini juga membawa sejumlah manfaat seperti berikut:

 

1.     Mendapat Tambahan Pengetahuan

Mendapat tambahan pengetahuan

Tingkat soal-soal olimpiade pastinya sangat sulit, dan bahkan beberapa soal dibuat dengan level yang lebih tinggi dari jenjang pendidikan para peserta. Misalnya untuk olimpiade Sains tingkat SD, sejumlah soal biasanya berasal dari materi SMP, begitu juga seterusnya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum, dan untuk itu para peserta olimpiade seringkali harus mempelajari materi di atas tingkatannya selama masa persiapan. Karena sudah menguasai materi dan terbiasa mengerjakan soal-soal di atas level pendidikan yang sedang ditempuh, peserta olimpiade mendapatkan tambahan pengetahuan dan banyak belajar tentang cara menjawab berbagai soal bahkan yang paling sulit. Dengan kata lain, kompetisi ini cenderung membuat peserta menjadi menjadi lebih pintar dari sebelumnya dan mampu memecahkan soal-soal rumit pada tingkat yang tidak mungkin ditemui di kelas.

 

2.     Analisis Kompetitif

Manfaat mengikuti olimpiade sains nasional

Melalui sejumlah kompetisi seperti OSN tadi, Anda dapat menganalisis kinerja Anda di tingkat sekolah, kota, provinsi, dan nasional. Artinya, Anda jadi bisa tahu seberapa kompetitifnya sih diri Anda, apakah bisa lolos hingga tingkat provinsi atau harus gugur di tingkat kota/kabupaten.

 

3.     Menjadi Orang yang Gigih

Manfaat mengikuti olimpiade sains nasional

Berlatih mengerjakan ribuan soal pastinya membutuhkan kesabaran dan keuletan ekstra, apalagi jika soal tersebut sangat rumit. Selain menambah ilmu, kebiasaan ini juga bisa membuat diri Anda menjadi pribadi yang lebih gigih dan tidak mudah menyerah. Nah, sifat ini termasuk sifat dasar untuk bisa sukses di masa depan, baik di lingkungan kampus, pekerjaan, dan bahkan masyarakat.

4.     Menjadi Pribadi yang Selalu Mau Berusaha

Manfaat mengikuti olimpiade sains nasional

Manfaat mengikuti olimpiade Sains Nasional lainnya adalah mengajarkan Anda cara kalah dan menang. Anda mungkin akan gagal beberapa kali sebelum Anda mendapat label juara, Anda juga akan belajar pelajaran penting bahwa ada banyak usaha yang dibutuhkan untuk menjadi pemenang. Jadi, Anda tahu bahwa semua hal tidak bisa didapat dengan mudah. Karena sudah terbiasa berusaha, Anda akan menjadi orang yang selalu semangat untuk bersaing, misalnya saat tes masuk perguruan tinggi, dunia kerja, atau lainnya.

 

5.     Pandai Mengatur Waktu

Manfaat ikut olimpiade sains nasional

Selain pandai dalam mengerjakan berbagai soal rumit, masa persiapan olimpiade juga akan membuat Anda menjadi individu yang pandai dalam mengatur waktu dan menentukan prioritas. Sifat disiplin seperti ini sangat dibutuhkan di dunia kampus dan kerja agar bisa sukses dan menjadi manfaat mengikuti Olimpiade Sains Nasional yang paling terasa.

 

6.     Mendapat Penghargaan dan Pengakuan

Mendapat penghargaan

Siapa sih orang yang tidak suka diberi penghargaan dan diakui kemampuannya? Apalagi jika pengakuan sebagai murid berprestasi dan di bidang sains pula. Selain membuat bangga diri sendiri, keluarga, dan pihak sekolah, penghargaan dan pengakuan juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan menjadi motivasi super hebat, untuk mendorong diri Anda terus berusaha agar bisa menjadi yang lebih baik lagi.

7.     Bisa Mendaftar di Sekolah/Kampus Manapun

Manfaat mengikuti olimpiaden sains nasional

Sebagian orang awam di luar sana banyak yang menganggap bahwa manfaat sertifikat OSN tidak seberapa. Padahal sebenarnya sangat berguna, lho. Berbagai sekolah dan perguruan tinggi di negara ini sering sekali membuka pendaftaraan siswa dan mahasiswa baru lewat jalur prestasi. Jika memiliki sertifikat peserta Olimpiade Sains Nasional, maka Anda akan diprioritaskan dan memiliki peluang sangat besar untuk diterima di kampus atau sekolah manapun yang Anda inginkan, termasuk di sekolah atau kampus negeri dan super favorit. Apalagi jika berhasil menyabet gelar juara tingkat nasional, maka seluruh kampus terbaik di negeri inilah yang akan mencari Anda. Bahkan, Anda bisa dengan mudah melanjutkan pendidikan ke universitas luar negeri tidak hanya sampai S1 tapi bisa S3.

 

8.     Banyak Beasiswa Menanti

Beasiswa olimpiade

Jika Anda adalah sang juara Olimpiade Sains Nasional, maka secara otomatis Anda akan mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan minimal sampai S1 di kampus manapun yang menjadi incaran Anda, termasuk kampus-kampus favorit seperti UI, UNAIR, UGM, ITB, dan lainnya. Beasiswa yang ditawarkan bukan untuk dana pendidikan saja, tapi juga dana untuk kebutuhan hidup sehari-hari selama kos, biaya transportasi dari kampus ke tempat tinggal dari pertama kuliah hingga lulus, dana asuransi kesehatan, dana darurat, dan banyak lagi.

Delapan daftar di atas adalah bukti nyata bahwa menjadi murid berprestasi itu sangat menguntungkan. Hal diatas menjadi alasan mengikuti  kompetisi sangat penting bagi siswa agar dapat berkembang. Semua kerja keras Anda selama masa persiapan akan sangat sepadan dengan hasil yang didapat, karena ternyata manfaat mengikuti olimpiade sains Nasional sangat banyak. Kesan mengikuti olimpiade sains nasional yang dirasakan oleh para peserta sangatlah banyak dan sangat bermanfaat. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional kamu dapat bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai kompetisi olimpiade yang diadakan oleh POSI secara gratis.

 

 

 

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.