Halo JawaraPOSI di mana pun kamu berada! Sudah siap menghadapi SNBT 2023? Ujian ini tentu saja bisa menimbulkan rasa gugup dan stres pada banyak siswa, tapi jangan khawatir karena dengan persiapan yang baik, kita pasti bisa menghadapinya dengan sukses! Ini dia beberapa tips menghadapi SNBT 2023 yang bisa kamu terapkan!

Contents

Pahami Materi

Tips menghadapi SNBT yang pertama yaitu pastikan kamu memahami dengan baik materi yang akan diujikan. Baca dan pelajari buku-buku teks dan catat hal-hal penting yang perlu diingat. Jangan biarkan diri kamu terjebak dalam kebingungan dan tidak tahu harus memulai dari mana. Jika ada pertanyaan atau konsep yang sulit dipahami, jangan ragu untuk bertanya pada guru atau teman sekelas. Jangan lupa juga untuk berlatih mengerjakan soal-soal latihan.

Perbaiki Sistem Belajar

Kalau kamu biasanya menggunakan metode SKS alias sistem kebut semalam, sepertinya udah waktunya untuk kamu merubah kebiasaan itu. Belajar dengan cara dicicil lebih baik daripada belajar sekaligus dalam semalam. Belajar dengan sistem kebut semalam bisa menyebabkan kelelahan fisik dan pikiran dan kamu akan cenderung cepat lupa materi yang dipelajari.

Jaga Kesiapan Fisik dan Mental

Selain itu, pastikan kamu siap secara fisik dan mental. Istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat dan bergizi sebelum ujian bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan meminimalisir rasa gugup. Lakukan juga kegiatan yang bisa membantu merelaksasi diri seperti meditasi atau yoga. Kalau diperlukan, konsumsi supplement tambahan.

Berlatih Soal

Tips menghadapi SNBT yang selanjutnya adalah dengan sering berlatih soal. Kamu bisa mencari-cari soal ujian masuk PTN di tahun-tahun sebelumnya, mengikuti try out secara online dan juga offline. Nah, POSI punya nih, satu kompetisi yang bisa membantu kamu dalam menguji kemampuan sebelum menghadapi SNBT yaitu Olimpiade Masuk PTN yang akan diselenggarakan secara online di tanggal 7 April 2023. Stay tune terus di Instagram POSI dan di Member POSI untuk informasi lebih lanjut, yah!

Olimpiade Masuk PTN, kerjasama POSI dan Universitas Terbuka untuk Siswa/i SMA se-Sumatera Utara

Bersantailah

Bersantai yang dimaksud adalah dengan nggak memaksakan diri untuk terus-terusan belajar untuk ujian SNBT. Sesekali, kamu bisa liburan sejenak dari aktivitas belajar. Pergi ke luar rumah, hang out dengan teman, nonton drama Korea, atau melakukan hal-hal yang kamu sukai untuk me-refresh pikiranmu. 

Be Positive

Tips menghadapi SNBT yang terakhir adalah jangan lupa untuk selalu percaya pada diri sendiri dan tetap positif. Percayalah bahwa kamu bisa menghadapi ujian ini dengan baik dan berhasil mencapai target yang diinginkan. Ingatlah bahwa ujian hanyalah sebagian kecil dari perjalanan pendidikan kita, dan masih banyak kesempatan lain untuk belajar dan berkembang. Jangan terlalu terbebani dengan target nilai yang tinggi, tetapi fokuslah pada upaya yang kamu lakukan untuk belajar dan mempersiapkan diri. Hasil yang baik pasti akan datang sebagai hasil dari kerja keras dan tekad yang kuat.

Jadi, teman-teman, jangan takut menghadapi SNBT. Persiapkan diri kamu sebaik mungkin dan yakinlah pada kemampuan diri sendiri. Semoga kamu semua berhasil dan meraih hasil yang memuaskan!

Cek artikel POSI yang inspiratif dan informatif lainnya di sini, yuk! Jangan lupa juga untuk mengisi pop-up yang muncul website ini untuk informasi dan promo diskon kompetisi dan pelatihan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.