Cara masuk sekolah favorit

Siapa sih yang tak ingin masuk ke sekolah favorit? Tak hanya para murid, orang tua pun pasti menginginkan putra-putrinya untuk masuk ke sekolah terbaik. Sayangnya, cara masuk sekolah favorit seringkali susah dibanding sekolah biasa karena kriterianya yang lebih tinggi terutama dalam hal nilai.

Apakah masuk sma harus pintar ? jawabannya tidak selalu, namun beberapa sekolah favorit seringkali melakukan penyaringan yang lebih ketat dibanding sekolah lain, karena ingin mendapatkan murid-murid yang memang berprestasi dan sesuai dengan visi misi sekolah.  Karena itu, persiapan masuk sma atau sekolah favorit harus dilakukan sejak awal agar peluang diterima lebih besar.

Tips Masuk Sekolah Favorit

1.     Fokus Pada Akademisi

Bukan rahasia lagi bahwa nilai rapor yang bagus dan nilai ujian yang tinggi sangat penting untuk mendaftar ke jenjang pendidikan berikutnya terutama di sekolah negeri atau sekolah favorit. Agar bisa mendapat nilai yang bagus, tentunya Anda harus rutin dan konsisten belajar, bukan dengan sistem kebut semalam.

Tapi bukan berarti harus belajar selama hampir 1×24 jam ya, melainkan belajar secara efisien dan ulangi terus setiap hari. Jika perlu, Anda bisa bentuk kelompok belajar bersama murid-murid pintar lain di kelas Anda, ikut bimbel di luar, atau bahkan cari guru les pribadi.

 

2.     Rajin Ikut Try Out Massal

Cara lain untuk mengejar nilai tinggi adalah dengan rajin berlatih mengerjakan soal-soal simulasi ujian, misalnya dengan ikut try out massal.

Semakin rajin Anda berlatih mengerjakan soal, semakin banyak pengalaman yang Anda dapat, semakin banyak soal yang bisa Anda pahami.

Selain itu, Anda akan lebih terbiasa berada di situasi menegangkan seperti ujian. Jadi, nantinya saat ujian sesungguhnya dimulai, Anda tidak akan merasa gugup atau panik lagi.

3.     Kembangkan Minat atau Bakat

Meskipun sangat penting dan seringkali menjadi pertimbangan pertama, tapi nilai bukan satu-satunya hal yang dipedulikan oleh sekolah negeri atau favorit saat mempertimbangkan penerimaan siswa. Pihak sekolah juga ingin tahu kelebihan lain yang dimiliki setiap calon siswanya selain dalam hal pelajaran.

Jadi, jika Anda merasa kurang hebat dalam hal akademik tapi sangat berprestasi di bidang olahraga misal, maka kembangkan terus bakat Anda dan seringlah ikut perlombaan.

Jika Anda berhasil membawa pulang piagam juara apalagi dalam jumlah banyak, akan sangat besar kemungkinan Anda untuk diterima di sekolah manapun yang diinginkan, bahkan ketika nilai akademik Anda tidak terlalu bagus.

4.     Menjadi Anggota OSIS atau Ikut Ekstrakurikuler

Cara terbaik lain untuk menunjukkan bahwa Anda adalah individu yang istimewa dan layak untuk diterima adalah dengan terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler atau OSIS sejak sekarang.

Dua kegiatan ini akan memberikan gambaran yang jelas bahwa Anda adalah orang yang mudah bergaul, bisa bekerjasama dalam tim, Anda memiliki rasa ingin tahu, termotivasi, bertanggung jawab, dan berpengetahuan luas.

Sekolah favorit juga membutuhkan siswa-siswa yang bisa berkontribusi pada kegiatan lain di sekolah selain di dalam kelas, untuk mengisi berbagai kegiatan ekstra hingga membantu merencanakan berbagai event di sekolah.

5.     Cari Info dari Kakak Tingkat

Cobalah mencari informasi apakah ada alumni sekolah Anda saat ini yang berhasil masuk ke sekolah favorit yang ingin Anda masuki. Dekati kakak tingkat tersebut dan cobalah bertanya tentang kiat-kiatnya agar bisa lolos ujian seleksi dan diterima.

Cerita dan pengalaman kakak tingkat yang akan dibagikan kepada Anda pastinya akan sangat membantu dan mempermudah jalan Anda agar bisa diterima di sekolah tujuan. Tips kelima ini menjadi salah satu cara masuk sekolah favorit yang mudah, lho.

6.     Minta Bimbingan dari Guru

Jika berusaha sendiri masih terlalu susah untuk Anda, maka Anda bisa coba berbagi cerita dengan guru BK di sekolah atau bahkan bisa langsung bertanya tentang bagaimana cara masuk sekolah negeri yang diincar.

Layanan konseling sekolah memang diperuntukan untuk murid-murid yang membutuhkan saran, semangat dan motivasi, atau sekedar ingin bercerita untuk meringankan beban. Jadi, jangan malu atau takut untuk masuk ke ruang konseling sekolah Anda.

Anda bisa coba diskusikan tujuan untuk masuk ke sekolah incaran dan mintalah saran serta bimbingan dari guru BK Anda. Biasanya, guru BK yang baik dan peduli dengan anak didiknya akan membantu mengumpulkan informasi mengenai sekolah yang menjadi incaran dari muridnya.

Tidak menutup kemungkinan juga guru BK Anda akan langsung menghubungkan Anda dengan kakak tingkat yang sudah lebih dulu diterima di sekolah incaran Anda, agar bisa mengobrol langsung dengannya.

Bisa juga guru BK mengenalkan Anda kepada salah satu teman guru dari sekolah tujuan, agar Anda bisa memperoleh informasi yang lebih valid dan terbaru mengenai prosedur pendaftaran, syarat-syarat, dan bahkan trik-trik supaya bisa diterima.

7.     Daftar Lebih Awal

Cara masuk sekolah favorit lain yang sederhana namun terbukti efektif adalah dengan mendaftar lebih awal saat pendaftaran sudah dibuka.

Sekolah favorit pastinya akan mendapat ratusan atau bahkan ribuan pendaftar setiap tahunnya, dan dengan jumlah kuota yang tidak banyak. Jadi jika Anda telat mendaftar, kemungkinan besar kuota sekolah sudah penuh dan Anda sudah tidak bisa masuk lagi.

Cara masuk sekolah favorit lainnya adalah tetap fokus pada tujuan Anda, selalu positif thinking, dan lakukan cara 1-7 dalam daftar di atas secara maksimal. Jangan lupa juga untuk meminta dukungan dan doa dari kedua orang tua. Bagi kamu yang ingin mengikuti berbagai kompetisi olimpiade secara Gratis kini kamu bisa bergabung menjadi Member POSI dan mendapatkan berbagai keuntungan lainnya.

 

 

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.