kecerdasan interpersonal

Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal sekilas memiliki kemiripan nama yang sama namun ternyata memiliki karakteristik yang berbeda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan tidak dimiliki oleh semua orang. Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini penjelasannya.

Pengertian Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan Interpersonal adalah salah satu jenis kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang, dimana ia memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan orang lain. Mereka umumnya memiliki memiliki empati dan mudah memahami perasaan orang lain, sehingga mereka dapat dengan mudah membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.

Karakteristik Kecerdasan Interpersonal

Bagi kamu yang masih bingung cara membedakan dengan kecerdasan yang lainnya, Berikut ini ciri karakteristiknya.

1. Mudah membangun hubungan komunikasi

Seseorang yang memiliki Kecerdasan Interpersonal yang tinggi cenderung lebih mudah dalam membangun komunikasi efektif yang baik dengan orang lain. Hal inilah yang membuat mereka cenderung disukai didalam sebuah kelompok.

2. Memiliki Rasa Empati Tinggi

Seseorang dengan kecerdasan Interpersonal tinggi cenderung memiliki rasa empati yang tinggi, sehingga mereka dapat dengan mudah memahami apa yang dirasakan oleh orang lain. Hal inilah yang membuat orang lain merasa nyaman karena dihargai dan dipedulikan.

3. Percaya Diri

Seseorang dengan kecerdasan Interpersonal tinggi umumnya memiliki rasa percaya diri yang tinggi dibandingkan orang lain. Hal ini dikarenakan mereka percaya pada kemampuan dan bakat yang mereka miliki, sehingga mereka berusaha untuk memaksimalkannya.

4. Pendengar Yang Baik

Ciri lainnya dari seseorang dengan kecerdasan Interpersonal yang tinggi adalah mampu menjadi seorang pendengar yang baik. Mereka tidak hanya mampu mendengarkan dengan baik, namun juga dapat memberikan solusi dan saran-saran positif untuk membantu menyelesaikan masalah orang lain.

5. Memiliki Jiwa Pemimpin

Banyak posisi manajerial merupakan salah satu profesi kecerdasan Interpersonal. Hal ini dikarenakan untuk menjadi seorang pemimpin seseorang harus dapat mengelola hubungan yang baik dan harmonis dalam sebuah kelompok, terutama disaat kondisi kelompok sedang terjadi konflik ataupun perbedaan.

Itulah pengertian dan penjelasan beberapa karakteristiknya, Semoga info diatas dapat bermanfaat ya. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.