Lapisan Atmosfer

Lapisan Atmosfer

Lapisan Atmosfer adalah lapisan yang menyelimuti bumi yang berbentuk gas yang berlapis-lapis yang setiap lapisnya berjarak ribuan kilometre. Di bumi sendiri atmosfer diperkirakan memiliki ketebalan mencapai 1.000 Km dari permukaan bumi.Lapisan Atmosfer terbagi atas 5 jenis, dimana masing-masing lapisan memiliki ciri dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini jenis-jenisnya.

1. Troposfer

Troposfer adalah salah satu lapisan paling dasar bumi yang terletak pada ketinggian 0 sampai 12km diatas permukaan bumi. Pada lapisan ini banyak terjadi fenomena alam seperti perubahan cuaca dan iklim. Manusia pada lapisan Troposfer masih dapat bernafas. Pada lapisan ini mengandung 2 senyawa kimia, yaitu karbondioksida dan uap air.

2. Stratosfer

Lapisan yang kedua ini memiliki suhu yang dingin dan hanya ditempati oleh ozon. Lapisan stratosfer memiliki fungsi sebagai pelindung dari gelombang radiasi ultraviolet yang membahayakan bila terkena kulit.

3. Mesosfer

Lapisan Mesosfer berada di ketinggian 50 Km sampai 75 Km diatas permukaan bumi. Suhu pada lapisan ini tidak stabil dan mencapai 0,4 derajat Celsius setiap pada ketinggian 100 meter. Pada ketinggian terendah suhu pada lapisan ini mencapai  10 derajat Celsius dan jarak tertinggi mencapai suhu -120 derajat Celsius.

4. Termosfer (Ionosfer)

Lapisan Termosfer adalah lapisan tempat terjadinya ionisasi partikel-partikel sehingga akan memberikan efek gelombang radio, baik itu dengan frekuensi rendah maupun tinggi.

5. Eksosfer

Lapisan Eksosfer adalah lapisan terakhir yang menyelimuti bumi dengan jarak di atas 800 Km hingga3260 Km. Berbagai interaksi antar gas yang ada diluar angkasa terjadi di lapisan ini. Gaya tarik bumi pada lapisan ini cukup rendah disebabkan jaraknya yang sangat jauh dari permukaan bumi.

Itulah beberapa jenis lapisan atmosfer yang wajib kamu ketahui, semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.