Contoh teks berita

Contoh teks berita berbeda dengan teks cerita lainnya. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dan ditampilkan kedalam cerita agar pembaca tertarik untuk membaca berita tersebut. Teks berita biasanya sering muncul di media-media berita online maupun cetak atau offline. untuk menginfokan suatu peristiwa.

Pengertian Teks Berita

Teks Berita adalah sebuah teks berisi kabar atau informasi kepada masyarakat tentang suatu kejadian atau peristiwa yang benar (fakta) dan sedang terjadi yang diinformasikan dalam bentuk tertulis.

 Ciri Teks Berita

Teks Berita memiliki perbedaan khusus dengan teks lainnya. Berikut ini beberapa ciri teks berita.

  1. Teks berita menginformasikan suatu hal yang benar-benar terjadi (objektif dan factual), bukan hanya opini atau gagasan.
  2. Kalimat pada teks berita singkat, padat, dan jelas.
  3. Sumber berita benar adanya dan bisa dipertanggungjawabkan.
  4. Berita yang diinfokan merupakan peristiwa yang sedang terjadi (Aktual).
  5. Data yang diinfokan benar sesuai peristiwa yang terjadi.
  6. Info lengkap, terutama info yang penting.
  7. Waktu dan lokasi terjadinya peristiwa jelas.
  8. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pembaca.
  9. Alur peristiwa berurutan.
  10. Judul berita mewakili isi berita dan peristiwa

Struktur Teks Berita

Struktur Teks Berita terdiri atas beberapa bagian, berikut ini pembagiannya.

1. Judul Berita

Judul merupakan aspek penting dalam sebuah berita. Judul yang menarik adalah judul yang dapat membuat orang tertarik atau penasaran untuk membaca berita tersebut.

2. Kepala Berita

Kepala berita merupakan sebuah bagian dimana pada bagian tersebut terdapat beberapa informasi penting yang diawali dengan unsur “apa, siapa, dimana, dan kapan” peristiwa itu terjadi.

3. Tubuh Berita

Pada bagian ini umumnya berisi tentang penjelasan tentang informasi yang telah disampaikan sebelumnya di bagian kepala berita. Baik itu tentang latar belakang peristiwa ataupun penyebab peristiwa itu terjadi.

4. Ekor Berita

Pada bagian ekor berita umumnya hanya menampikan informasi tambahan tentang peristiwa tersebut. Bagian ini tidak terlalu berpengaruh terhadap pokok berita apabila dihilangkan.

Contoh Teks Berita

Berikut ini beberapa Contoh Teks Berita 2022 ataupun contoh teks berita singkat 2022.

1. Contoh Teks Berita tentang COVID-19

Hari Ini, 2.028 Orang di RI Terkonfirmasi Positif Covid-19

Jakarta, CNBC Indonesia – Satgas Penanganan Covid-19 mencatat, kasus konfirmasi positif Covid-19 hari ini, Rabu (12/10/2022) sebanyak 2.028 kasus. Dengan jumlah korban meninggal tercatat 14 jiwa.

Jumlah konfirmasi harian turun dibandingkan kemarin, Selasa (11/10/2022) yang tercatat 2.077 kasus konfirmasi positif Covid-19. Begitu juga dengan angka kematian turun dari posisi kemarin yang tercatat 16 orang.

Kasus terbanyak hari ini dilaporkan terjadi di provinsi DKI Jakarta, sebanyak 752 kasus positif Covid-19, disusul Jawa Barat dengan 312 kasus, dan Jawa Timur 233 kasus.

Tercatat, 54 orang yang terkonfirmasi positif hari ini adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 1.974 orang lainnya karena transmisi lokal.

Sebanyak 204.722.385 orang di Indonesia dari target sasaran 234.666.020 orang sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama dan 64.111.815 orang sudah mendapatkan suntikan dosis ketiga atau booster pertama.

(Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20221012175058-4-379244/hari-ini-2028-orang-di-ri-terkonfirmasi-positif-covid-19)

2. Contoh Teks Berita terkini tentang Tragedi Kanjuruhan

Seorang Bonek Suporter Persebaya Jadi Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan

Jakarta, CNN Indonesia — Seorang suporter Persebaya Surabaya atau yang akrab disebut Bonek juga masuk dalam korban meninggal dunia dalam Tragedi Kanjuruhan, Malang. Dia adalah Faiz Al Fikry Bonek asal Ngunut, Tulungagung.

Faiz merupakan pendukung Bajul Ijo yang berdomisili di Tulungagung. Saat kejadian, dia bersama teman-temannya berangkat ke Kanjuruhan untuk menonton pertandingan. Kelompok Bonek Kampus, Hendrik Wahyu mengatakan awalnya Faiz tak diperbolehkan sang ayah berangkat ke Malang karena dia sedang sakit.

“Korban sebelum berangkat sakit, enggak enak badan. Terus ayahnya tidak memperbolehkan berangkat dulu,” kata Hendrik usai takziah ke rumah korban, Selasa (11/10).

Bahkan, ayahnya sempat mengosongkan tangki bensin sepeda motor agar dia tak bertolak ke Malang. Namun, Faiz tetap nekat berangkat, bersama dengan tujuh orang temannya.
“Bapaknya sengaja enggak isi bensin motornya, soalnya biar gak berangkat. Ternyata memang Faiz nekat dan tetap berangkat,” ucapnya.

Faiz pun akhirnya tetap dengan pendiriannya, yakni berangkat mendukung Persebaya ke Stadion Kanjuruhan.

“Berangkat tujuh orang, sepeda motoran semua, itu sebagian ada yang Aremania, ada sebagian Bonek,” ujar dia.

Sampai di lokasi, kelompok Faiz yang tak mengenakan atribut Persebaya akhirnya berpencar dengan karena kondisi Kanjuruhan yang penuh.

“Ketika di stadion teman-temannya terpencar, ada yang ke sisi utara, barat, timur, nanti setelah pertandingan ketemuan di luar,” katanya.

Saat berpencar, Faiz menuju ke tribune 13 Stadion Kanjuruhan. Di tengah pertandingan dia sempat berpamitan kepada temanya untuk tidur sebentar karena mengantuk.

“Dia di tribune 13, katanya temannya di Stadion sempat tidur, terus bilang ke temannya kalau setelah pertandingan bugaen (bangunkan) aku,” ucapnya.

Ketika Faiz terbangun, asap pekat dari tembakan gas air mata polisi sudah menyelimuti tribune. Dia lalu kebingungan mencari jalan keluar, tapi Faiz hanya menemukan pintu gerbang yang tertutup.

“Ketika dibangunin temannya, itu sudah ada gas air mata. Terus sama teman-temanya cari jalan keluar, tapi sudah buntu,” jelasnya.

Akhirnya, ketujuh temannya yang bersama berangkat dari Ngunut tidak bisa membawa Faiz kembali pulang dengan selamat. Korban dinyatakan meninggal dunia lantaran sesak nafas.

“Waktu ayah korban ke rumah sakit enggak ada luka lebam di badannya, memang benar-benar seperti kurang oksigen. Rumah sakitnya di Malang, tapi saya gak tahu namanya,” ujarnya.

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221011170046-20-859168/seorang-bonek-suporter-persebaya-jadi-korban-tewas-tragedi-kanjuruhan).

Itulah beberapa pengertian, struktur, ciri, serta contoh teks berita. Semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.



Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.