Tujuan ASEAN

Tujuan ASEAN dibentuk tentunya memiliki alasan yang kuat dari para pendirinya. Berikut ini beberapa pengertian, sejarah, serta tujuan ASEAN dibentuk.

Kepanjangan ASEAN

Kepanjangan ASEAN adalah Association of Southeast Asian Nations, yang mana merupakan organisasi yang terdiri dari 10 negara ASEAN.

Pengertian ASEAN

Association of Southeast Asian Nations atau ASEAN adalah salah satu organisasi geopolitik  dan ekonomi yang anggotanya adalah Negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara. Beberapa negara yang termasuk ke dalam ASEAN antara lain Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, Kamboja, Laos, Vietnam, Brunei Darussalam.

Sejarah Latar Belakang ASEAN

ASEAN atau dikenal dengan nama Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara pertama kali didirikan atas keinginan dari para negara pelopor (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina) untuk meningkatkan kesejahteraan dan kedamaian di wilayah asia tenggara. Hal ini berawal dari kondisi perang dingin antara Amerika Serikat dan Rusia yang berdampak terhadap stabilitas keamanan Negara-negara di wilayah Asia Tenggara.

Pada tahun 1960 wilayah Asia Tenggara mengalami beberapa konflik, yaitu konflik antarnegara dan juga banyaknya pengaruh ideologi dari Negara-negara besar. Apabila hal tersebut terus terjadi maka dapat mengganggu stabilitas keamanan Negara dan proses pembangunan. Atas dasar tersebut Negara-negara pelopor ASEAN akhirnya memutuskan mengadakan pertemuan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 untuk membahas masalah yang terjadi di kawasan Asia Tenggara serta mencari solusinya. Berdasarkan hasil pertemuan tersebut akhirnya dibentuklah ASEAN.

Tujuan ASEAN Dibentuk

Maksud dan tujuan ASEAN dibentuk tentunya memiliki manfaat penting. Berikut ini 7 tujuan ASEAN dibentuk.

  1. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan budaya di wilayah Asia Tenggara.
  2. Menjaga perdamaian dan stabilitas, baik itu dengan menghormati hukum dan menjaga keharmonisan hubungan antar Negara di wilayah Asia Tenggara.
  3. Meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling berbagai bidang baik itu ekonomi, sosial, teknologi, budaya, dan administrasi.
  4. Memberikan bantuan dalam fasilitas latihan dan penelitian pada berbagai bidang baik itu pendidikan, kejuruan, teknik, dan administrasi.
  5. Bekerjasama secara efektif untuk meraih daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri, perdagangan, perbaikan pengangkutan, dan fasilitas komunikasi serta meningkatkan taraf hidup rakyat.
  6. Meningkatkan studi terkait masalah-masalah yang terjadi di kawasan Asia Tenggara.
  7. Menjaga kerjasama yang baik dan bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional dan regional lain yang memiliki tujuan sama serta mencari kesempatan untuk melakukan kerjasama dengan mereka.

Itulah sejarah serta beberapa tujuan dibentuknya ASEAN. Semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.