gagasan utama adalah

Pengertian Gagasan Utama

Gagasan Utama adalah pokok utama paling penting dalam sebuah paragraf yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

Tujuan Gagasan Utama

Tujuan Gagasan Utama adalah sebagai pusat utama pemikiran yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca. Dimana pada bagian ini dijelaskan siapa atau topik apa yang sedang dibahas.

Jenis Paragraf Gagasan Utama

Letak gagasan utama dapat menentukan jenis sebuah paragraph. Berikut ini jenis-jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya.

1. Paragraf Deduktif

Paragraf Deduktif adalah salah satu paragraf dimana kalimat utama adalah gagasan utama. Paragraf ini diawali dengan menjelaskan persoalan utama ataupun kalimat topik, lalu kemudian diikuti dengan gagasan pendukung atau kalimat-kalimat penjelas.

Contoh gagasan utama pada paragraf deduktif :

Buaya adalah sebuah hewan buas yang hidup di sungai – sungai dan di dekat laut. Buaya terbesar didunia adalah buaya muara dengan nama latin Crocodylus porosus. Buaya muara mempunyai panjang mencapai lebih dari 7 meter dengan berat lebih dari 1 ton dan menjadi hewan yang dilindungi oleh negara.  

2. Paragraf Induktif

Berbeda dengan Paragraf Deduktif, Paragraf Induktif adalah salah satu paragraf yang gagasan utamanya terletak diakhir paragraf. Paragraf Induktif diawali dengan penjelasan-penjelasan, lalu kemudian diakhiri dengan kalimat topik. Paragraf Induktif terbagi atas 3 jenis, Generalisasi, Analogi, dan Kausalitas.

3. Paragraf Campuran

Paragraf Campuran adalah jenis paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal dan di akhir paragraf. Paragraf ini diawali dengan menjelaskan persoalan pokok, kemudian ditambahkan dengan beberapa kalimat penjelas, lalu di akhiri dengan kalimat utama lagi sebagai penjelas.

Itulah beberapa pengertian gagasan utama beserta jenis paragrafnya. Semoga info diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.