Literasi dan Numerasi

Apa itu literasi dan numerasi akm? Bagi kamu yang sebentar lagi akan menghadapi Asesmen Kompetisi Minimum (AKM) tentunya kamu akan menghadapi kedua tes tersebut. Hal ini dilakukan untuk menilai kemampuan minimal yang diperlukan siswa. Kemampuan minimal tersebut terdiri atas kemampuan memahami penggunaan bahasa (literasi), kemampuan memahami penggunaan angka matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter. Pelaksanaan Asesmen tersebut dilakukan untuk jenjang sekolah SD, SMP, SMA (kelas 4, 8, 11). Soal literasi dan numerasi diberikan dengan tujuan agar guru atau sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kepada siswa.

Apa Itu Literasi

Literasi adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi baik itu dalam bentuk bicara, membaca, memahami dan menulis dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Dalam AKM sendiri Literasi merupakan salah satu skill ataupun kemampuan dalam menganalisis dan memahami konsep tulisan dalam sebuah bacaan.

Apa Itu Numerasi

Numerasi adalah kemampuan yang dibutuhkan agar seseorang dapat menghitung dengan baik, baik itu menghitung dalam pelajaran, menghitung uang, mengukur tinggi dan berat badan, dll. Dalam AKM Numerasi merupakan salah satu skill ataupun kemampuan dalam menganalisis dan memahami angka.

Perbedaan Literasi dan Numerasi

Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini perbedaannya.

1. Literasi Berfokus Pada Kata-kata dan Bahasa

Tes kemampuan literasi umumnya dilakukan untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami kata-kata dan bahasa. Bukan hanya kemampuan membaca, namun juga kemampuan dalam menganalisis suatu bacaan teks.

2. Numerasi Berfokus Pada Angka dan Matematika

Tes kemampuan numerasi umumnya dilakukan untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami angka dan matematika.  Salah satunya memahami konsep bilangan, kemampuan berhitung, serta menginterpretasi informasi kuantitatif yang ada di kehidupan sehari-hari.

Itulah pengertian dan perbedaannya. Semoga bisa bermanfaat buat kamu. Materi literasi numerasi SMA, SMP, SD dapat kamu cek di artikel kita dibawah ya. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu juga bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.