Simbiosis Parasitisme

Dalam bidang Biologi tentunya kamu akan mempelajari suatu ilmu tentang simbiosis. Simbiosis adalah hubungan timbal-balik antar makhluk hidup yang hidup saling berdampingan. Berdasarkan jenisnya Simbiosis terbagi kedalam 3 bagian, yaitu Simbiosis Mutualisme, Simbiosisme Komensalisme, Simbiosis Parasitisme. Berikut ini penjelasan tentang Simbiosis Parasitisme.

Pengertian Simbiosis Parasitisme

Simbiosis Parasitisme adalah kerjasama ataupun hubungan antara dua makhluk hidup, dimana yang satu mendapat keuntungan sedangkan satu pihak yang lain dirugikan.  

Contoh Simbiosis Parasitisme

Bagi kamu yang masih bingung dengan Simbiosis Parasitisme contohnya seperti apa, Berikut ini beberapa contohnya!

1. Simbiosis Antara Ikan Paus dan Teritip

Simbiosis Parasitisme

Simbiosis Parasitisme di laut terjadi antara hubungan interaksi Ikan Paus dan Teritip. Teritip adalah salah satu antropoda laut yang menempel di tubuh Ikan Paus. Teritip mendapatkan keuntungan dari Ikan Paus dengan menjadikan Ikan Paus sebagai tempat tinggal. Disisi lain Ikan Paus dirugikan oleh Teritip yang membuat tubuh Ikan Paus menjadi gatal dan tidak nyaman.

2. Simbiosis Antara Kutu Daun dan Tumbuhan

Contoh Simbiosis Parasitisme pada tumbuhan terjadi pada hubungan interaksi antara Kutu Daun dan Tumbuhan. Kutu Daun atau lebih dikenal dengan nama ‘afid’ atau ‘aphid’ merupakan salah satu jenis serangga kecil yang memakan getah tanaman. Mereka biasanya hidup menempel pada tumbuh-tumbuhan dan mengambil keuntungan dengan memakan getah makanan dari tumbuhan. Disatu sisi tumbuhan yang ditempeli akan dirugikan karena diserap oleh kutu daun.

3. Simbiosis Antara Nyamuk dan Manusia

Simbiosis Parasitisme terjadi antara hubungan Nyamuk dan Manusia. Dalam hubungan interaksi tersebut, Nyamuk mengambil keuntungan dengan menghisap darah manusia dan dapat berkembang biak. Disisi lain manusia mengalami kerugian dengan mendapat gigitan dari nyamuk, seperti merasa gatal dan berpeluang mendapatkan penyakit dari nyamuk tersebut.

Itulah penjelasan tentang simbiosis dan beberapa contohnya. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.