SNBT 2023

SNBT 2023 atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes 2023 tahun ini akan dibuka pendaftaran mulai tanggal 23 Maret sampai 14 April 2023. Pelaksanaan tes nantinya terbagi atas 2 gelombang. Gelombang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 14 Mei 2023. Sedangkan untuk gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal tanggal 22 sampai 28 Mei 2023.

Pengumuman hasil SNBT nantinya akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2023, dimana masa unduh sertifikat dilakukan pada tanggal 26 Juni sampai 31 Juli 2023.

Berikut ini beberapa pengertian serta jenis materi tes UTBK SNBT yang akan diujikan.

Pengertian SNBT

SNBT adalah salah satu jalur untuk dapat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menggantikan SBMPTN.

Materi UTBK-SNBT 2023

Berikut ini beberapa jenis materi UTBK-SNBT

Tes Potensi Skolastik (TPS)

1. Kemampuan Penalaran Umum

Kemampuan Penalaran Umum adalah salah satu tes yang menguji kemampuan seseorang dalam menggunakan prosedur yang ada dalam memecahkan masalah baru secara terarah dan terstruktur.

2. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Pengetahuan dan Pemahaman Umum adalah salah satu tes yang menguji kemampuan seseorang untuk memahami dan mengkomunikasikan pengetahuan yang cukup penting dalam budaya Indonesia, seperti keterampilan bahasa, bagaimana menggunakan kata, serta kedalaman ilmu pengetahuan umum.

3. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

Kemampuan Memamahami Bacaan dan menulis adalah salah satu tes yang dilakukan untuk mengukur seberapa baik seseorang dalam memahami isi sebuah teks dan bagaimana menulis dengan baik. Umumnya tes ini berjumlah 20 soal dengan durasi pengerjaan 25 menit.

4. Pengetahuan Kuantitatif

Pengetahuan Kuantitatif adalah salah satu kemampuan untuk mengukur seberapa baik ilmu pengetahuan perhitungan matematika seseorang. Umumnya tes ini 15 soal dengan durasi pengerjaan 20 menit.

Tes Literasi

1. Literasi dalam Bahasa Indonesia

Literasi dalam Bahasa Indonesia adalah salah satu tes untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menggunakan dan memahami konteks yang ada pada sebuah teks. Materi yang diujikan dalam tes ini umumnya adalah menentukan inti bacaan, makna kontekstual kata, tema dan nilai dalam sastra, dll. Umumnya tes ini berjumlah 30 soal dengan durasi pengerjaan 45 menit.

2. Literasi dalam Bahasa Inggris

Literasi dalam Bahasa Inggris adalah salah satu tes untuk mengukur seberapa baik pemahaman seseorang terhadap konteks yang terdapat di dalam  teks berbahasa inggris. Umumnya tes ini berjumlah 20 soal dengan durasi pengerjaan 30 menit.

3. Penalaran Matematika

Penalaran Matematika adalah salah satu tes untuk mengukur kemampuan nalar seseorang dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan berbagai konteks.

Itulah beberapa jenis materi UTBK 2023 yang kamu ketahui dan pelajari. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.