Contoh Kata Pengantar

Contoh kata pengantar memiliki beberapa perbedaan, tergantung dengan jenis kata pengantarnya. Berikuti ini pengertian kata pengantar beserta fungsi dan strukturnya.

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar adalah salah satu jenis tulisan yang didalamnya terdapat ungkapan penulis terhadap karya tulis yang telah ia buat kepada pembaca sebelum masuk kebagian isi karangan.  

Fungsi Kata Pengantar

Berikut ini beberapa fungsi kata pengantar.

  1. Mengajak pembaca ke bagian isi dari karya tulis dengan beberapa uraian umum yang ada pada karya tulisan tersebut.
  • Menyampaikan rasa terimakasih dan rasa syukur kepada pihak-pihak yang telah ikut membantu dalam proses pengerjaan karya tulis tersebut hingga akhirnya dapat dinikmati oleh pembaca.
  • Menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan dari karya tulis tersebut kepada pembaca.
  • Meningkatkan minat seseorang untuk membaca karya tulis tersebut hingga selesai.

Struktur Kata Pengantar

Berikut ini beberapa struktur kata pengantar.

1. Pembuka

Pembuka adalah salah satu struktur kata pengantar yang umumnya terdiri atas satu hingga dua paragraf ucapan rasa syukur atas selesainya karya tulis tersebut.

2. Isi

Isi merupakan salah satu struktur kata pengantar yang menjelaskan gambaran keseluruhan dari karya tulis tersebut.

3. Penutup

Penutup merupakan struktur kata pengantar yang terdapat pada akhir karya tulis. Pada bagian ini umumnya terdapat rasa permohonan maaf penulis atas kekurangan dan kesalahan yang terdapat pada karya tulis tersebut kepada pembaca.

Contoh Kata Pengantar

Berikut ini beberapa contoh kata pengantar.

 1. Contoh Kata Pengantar Proposal

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Ta’ala atas segala nikmatNya sehingga proposal Seminar Talent Mapping yang berjudul “Temukan Potensi Bakatmu Dengan Talent Mapping” ini dapat diselesaikan dengan lancar. Proposal ini disusun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Seminar Psikologi yang dipimpin oleh Dr. Akbar Riyadi Husein, M.Psi.

Pemilihan tema ini didasari atas keresahan penulis terhadap banyak siswa yang salah jurusan akibat tidak mengetahui bakat dan kelebihan yang mereka miliki. Data permasalahan tersebut dapat direpresentasikan dalam tulisan berupa artikel, esai, atau opini terkait bahasa yang terbit di salah satu media massa. Semoga dengan adanya proposal Seminar Talent Mapping ini dapat membuka pola pikir penulis khususnya  dan pembaca pada umumnya terkait pentingnya menemukan potensi bakat sejak dini.

Proposal ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, yakni Bapak Dr. Akbar Riyadi Husein, M.Psi., selaku dosen pembimbing, dan teman-teman Psikologi 2017. Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas segala bantuannya dalam berbagai bentuk hingga proposal ini dapat terselesaikan dan sampai ke tangan pembaca.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dalam penyusunan proposal ini, baik dari segi tata bahasa, etika maupun isi. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran seluas-luasnya dari pembaca yang kemudian akan penulis jadikan sebagai evaluasi.

Demikian, semoga proposal bahasa ini dapat diterima sebagai ide/gagasan yang menambah kekayaan intelektual bangsa.

Bandung, 21 April 2020

Penulis

2. Contoh Kata Pengantar Laporan

KATA PENGANTAR

         Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah Ta’ala karena karunianya penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini sebagai pertanggungjawaban dari praktek kerja lapangan yang dilakukan selama 30 hari di Bank BNI Wilayah Medan Laporan yang berjudul “Laporan Praktek Kerja Lapangan Bank BNI Wilayah Medan. Dalam Penerapan Bahasa Jurnalistik” ini diajukan sebagai bukti telah menjalankan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Pemilihan tema ini didasari atas karakteristik Bank BNI yang dirasa penulis sangat unik dalam penerapan Ilmu Keuangan dan Perbankan. Data penerapannya tersebut dapat direpresentasikan dalam tulisan berupa artikel hasil liputan yang ditulis oleh penulis.   Semoga dengan adanya laporan PKL ini dapat mengetahui aktivitas keuangan dan perbankan di Bank BNI Wilayah Medan.

Laporan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, yakni Bapak Sulaiman Arif, S.E., M.M., selaku dosen pembimbing, Ibu Rania Lubis selaku pembimbing lapangan, dan teman-teman PKL Bank BNI Medan. Untuk itu penulis ucapkan terima kasih atas kontribusi bantuan dalam berbagai bentuk.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kesalahan dalam penyusunan  laporan ini, baik dari segi kosakata, tata bahasa, etika maupun isi. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran seluas-luasnya dari pembaca yang kemudian akan penulis jadikan sebagai evaluasi.

Demikian semoga laporan PKL ini bisa diterima sebagai ide atau gagasan yang menambah kekayaan intelektual dalam bidang kajian media. Semoga laporan PKL saya ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan juga untuk penulis sendiri.

Medan, 10 November 2020

Penulis

3. Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur tim penulis panjatkan kehadirat Allah Ta’ala.  atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul, “PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM THE FOUNDER: KAJIAN PRAGMATIK” dapat kami selesaikan dengan baik. Tim penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca tentang pelanggaran atau kesalahan apa saja yang biasa terjadi dalam bahasa keseharian yang bisa kita pelajari salah satunya dari karya film. Begitu pula atas limpahan kesehatan dan kesempatan yang Allah SWT karuniai kepada kami sehingga makalah ini dapat kami susun melalui beberapa sumber yakni melalui kajian pustaka maupun melalui media internet.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kami semangat dan motivasi dalam pembuatan tugas makalah ini. Kepada kedua orang tua kami yang telah memberikan banyak kontribusi bagi kami, dosen pembimbing kami, Bapak Hadian, M.Hum., dan Ibu Kumala Sari Astuti, S.S., M.A., dan juga kepada teman-teman seperjuangan yang membantu kami dalam berbagai hal. Harapan kami, informasi dan materi yang terdapat dalam makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Tiada yang sempurna di dunia, melainkan Allah SWT. Tuhan Yang Maha Sempurna, karena itu kami memohon kritik dan saran yang membangun bagi perbaikan makalah kami selanjutnya.

4. Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Ta’ala. yang telah memberikan banyak nikmat, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan sehingga proses pembuatan skripsi tentang kajian media ini dapat penulis laksanakan dengan baik. Begitupun atas rahmat Allah Swt skripsi dengan judul Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Whatsapp dapat penulis selesaikan dengan baik pula.

Penulis menyadari banyak pihak yang membantu dan berkontribusi dalam terselesaikannya skripsi ini. Segala bentuk bantuan, baik berupa dukungan moril dan materil sangat membantu penulis dalam mengumpulkan semangat dan keinginan untuk menyelesaikan studi. Dengan demikian penulis ucapkan terima kasih dengan ketulusan hati kepada pihak-pihak yang telah membantu dan membimbing penulis selama menyusun skripsi ini, yakni kepada:

  1. Prof.  Dr. Andian Mila, S.E., M.M., selaku Rektor Universitas Negeri Syiah Kuala,
  2. Dr. Mutia Hanum, S.E., M.M., selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen,
  3. Dr. Sri Nurbaya, S.E., M.M., selaku Ketua Jurusan Ekonomi Manajemen,
  4. Nurianti, S.S., M.A., selaku Ketua Program Studi Sastra Indonesia,
  5. Dr. Hariadi Nugraha S.E., M.M., selaku pembimbing skripsi penulis,
  6. Bapak Muhammad Hasan dan Ibu Khadijah Soraya yang tidak pernah lelah mendoakan dan memberi dukungan.

Semoga Allah Ta’ala memberikan pahala yang berlimpah atas segala bentuk bantuan yang telah diberikan kepada penulis. Selain itu penulis juga berharap agar skripsi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dari berbagai kalangan. Penulis kemudian mengucapkan permohonan maaf jika selama proses penyusunan skripsi banyak melakukan kesalahan, baik berbentuk lisan maupun tulisan, yang dilakukan secara disengaja maupun tidak disengaja. Salam.

Banda Aceh, 05  Januari 2023

Penulis

Itulah beberapa contoh kata pengantar beserta fungsi dan sturukturnya. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.