Contoh Pidato

Contoh pidato tentunya berbeda-beda tergantung dengan jenis pidato yang dibawakan oleh pembicara kepada pendengar. Berikut ini contoh pidato beserta jenis dan strukturnya.

Pengertian Pidato

Pidato adalah sebuah ungkapan pemikiran ide, gagasan seseorang yang disampaikan dalam bentuk kata-kata kepada orang banyak. Tujuan pidato sendiri adalah umumnya untuk menyampaikan informasi dan fakta, menghibur pendengar, ataupun untuk meyakinkan pendengar.

Jenis Pidato

1. Pidato Informatif

Pidato Informatif adalah jenis pidato yang dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan informasi kepada pendengar. Beberapa jenis pidato Informatif antara lain Pidato laporan penelitian (Oral reports), Pidato pengajaran (Oral instruction), Pidato kuliah umum (Informative lectures).

2. Pidato Persuasif

Pidato Persuasif adalah jenis pidato yang dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi pendengar agar melakukan sebuah tindakan atau satu suara terhadap suatu hal.

3. Pidato Argumentatif

Pidato Argumentatif adalah salah satu jenis pidato yang dilakukan dengan tujuan untuk berargumentasi dengan orang lain agar demi mempertahankan suatu pendapat.

4. Pidato Rekreatif

Pidato Rekreatif adalah salah satu jenis pidato yang dilakukan dengan tujuan untuk menghadirkan suasana ceria dengan hiburan, sekaligus untuk mencairkan suasana.

Struktur Pidato

1. Pembuka

Pembuka merupakan salah satu struktur paling awal dalam sebuah pidato. Pada bagian ini umumnya terdapat salam pembuka, ucapan rasa syukur, ucapan rasa hormat, serta penyampaian tujuan dari pidato.

2. Isi

Isi adalah salah satu struktur yang paling penting dalam sebuah pidato. Pada bagian ini pembicara akan menjelaskan isi dari pidato tersebut sesuai dengan tujuan dan jenis pidato yang ingin disampaikan.

3. Penutup

Penutup adalah struktur terakhir yang terdapat pada sebuah pidato. Pada bagian ini pembicara akan menyampaikan kesimpulan dari pidato yang telah ia sampaikan. Kemudian juga menyampaikan ucapan terimakasih dan salam penutup kepada pendengar.

Itulah beberapa contoh pidato beserta jenis dan strukturnya. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Contoh Pidato

1. Contoh Pidato Pendidikan

Selamat pagi hadirin semua yang berbahagia.

Pertama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada hari ini kita sudah diberi kesempatan untuk bisa berkumpul dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun berkat adanya karunia dan nikmat-Nya. Pada kesempatan hari ini, saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pendidikan karakter. Semoga nantinya apa yang akan saya sampaikan ini kemudian akan memberikan banyak manfaat untuk kita semua.

Hadirin sekalian yang berbahagia, sekarang ini, generasi muda sedang menghadapi berbagai macam persoalan yang cukup serius, yakni adanya penurunan nilai moral dan juga karakter. Para generasi muda modern ini sangat mudah terpengaruh oleh gaya hidup hedonis dan sering mengabaikan berbagai nilai ataupun norma yang ada di dalam masyarakat. Tak hanya itu saja, menurut BNN, pengguna narkoba yang berasal dari golongan remaja di tahun 2020 mencapai 4,3 juta jiwa.

Bahkan setiap 7 menit, terdapat satu orang yang meninggal dunia karena menggunakan obat terlarang. Melihat fenomena semacam ini, pastinya timbul pertanyaan tentang di mana peran pendidikan sekolah, guru, dan juga orang tua. Mengapa para remaja ini bisa terjerumus ke dalam gaya hidup bebas yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang ada di dalam masyarakat ataupun agama?

Setelah diteliti lebih dalam, ternyata hal tersebut terjadi karena lemahnya pendidikan karakter di Indonesia. Sistem pendidikan formal masih terkesan terlalu sering fokus pada nilai-nilai saja. Sehingga banyak yang mengabaikan pentingnya karakter yang baik dan mulia. Bahkan, di sekolah pun, jam pendidikan Moral dan Pancasila juga sudah berkurang. Hal itulah yang mengakibatkan para generasi muda kehilangan role model yang baik untuk moral mereka.

Oleh karena itu, kita harus mulai menekankan lagi pendidikan moral tidak hanya di sekolah saja, namun juga di dalam rumah. Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Sekiranya ada perkataan yang tidak berkenan di hati para hadirin, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih.

2. Contoh Pidato Sekolah

Yang Terhormat Bapak, dan Ibu Wali Murid, Yang saya hormati Bapak, Ibu Pengajar SD Sukamaju beserta anak-anakku sekalian yang saya banggakan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tidak kata yang pantas untuk diucapkan dalam kesempatan ini selain kewajiban kita dalam memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, berkat rahmat-Nya lah kita bisa berkumpul bersama di tempat ini dalam rangka rapat tahunan untuk membahas berbagai materi dan juga bahan ajar tahun depan serta mencoba untuk berinovasi dalam hal pendidikan.

Kehadiran Bapak dan Ibu serta hadirin sekalian disini merupakan salah satu bukti bahwa kita semua berharap pendidikan bisa lebih baik lagi kedepannya. Hadirin semua yang berbahagia, sekiranya, kita semua disini setuju bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pendidikan sangat berperan untuk membangun kualitas sumber daya manusia suatu bangsa.

Dengan adanya pendidikan, bangsa ini nantinya akan semakin dipandang karena mempunyai SDM yang memadai dan mampu bersaing. Oleh karena itu, kita sebagai ujung tombak praktik pendidikan harus selalu berjuang bersama dalam meningkatkan mutu pendidikan supaya pendidikan menjadi lebih merata di seluruh daerah.

Kendala yang kerap kita hadapi adalah minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan. Masih banyak masyarakat yang menilai bahwa pendidikan tidak begitu penting. Paradigma seperti inilah yang harus segera ditinggalkan, sehingga anak-anak kita bisa turut memahami pentingnya pendidikan untuk masa depan.

Sebagai tenaga pendidik, hal pertama yang bisa kita lakukan selain niat membangun generasi yang lebih baik adalah dengan melakukan berbagai inovasi pada bidang pengajaran.

Mungkin saja anak didik kita sudah terlalu bosan dengan cara belajar yang monoton tanpa hal yang membuat semangat. Oleh karena itu, sebaiknya sistem pendidikan diubah melalui cara ajar yang berbeda. Jadi, Bapak dan Ibu pengajar sekalian, saya disini mengajak semua lapisan pendidikan untuk bisa membentuk sistem belajar yang baru, yang menyenangkan dan bersahabat dengan anak didik kita. Sehingga anak tidak perlu lagi takut belajar ataupun malas dan enggan membaca.

Sudah seyogyanya kita sebagai para orang tua yang baik di sekolah ataupun di rumah mulai memperbaiki sistem belajar anak-anak kita, dampingi mereka, dan belajarlah bersama. Sehingga selain mendapatkan ilmu baru, mereka juga akan merasa diperhatikan. Demikian yang bisa saya sampaikan kepada hadirin sekalian. Kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah beberapa contoh pidato beserta jenis dan strukturnya. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.