Tokoh Sosiologi

Tokoh sosiologi dunia memiliki peran yang cukup penting dalam perkembangan ilmu sosiologi dalam kehidupan masyarakat. Inilah beberapa tokoh sosiologi dan teorinya.

1. Auguste Comte

Isidore Auguste Marie Francois Xaviier Comte (1798 – 1857), French philosopher, father of Positivism and key figure in the inception of sociology. (Photo by Hulton Archive/Getty Images)

Auguste Comte merupakan salah satu tokoh berpengaruh dalam sejarah sosiologi. Lahir pada tanggal 17 Januari 1798 di Montpellier (Perancis), Auguste Comte adalah seorang tokoh sosiologi klasik awal keturunan bangsawan katolik yang merupakan pendiri awal Sosiologi. Tidak heran seiring berjalannya waktu ia dikenal sebagai Bapak Sosiologi.

2. Karl Marx

UNSPECIFIED – CIRCA 1865: Karl Marx (1818-1883), philosopher and German politician. (Photo by Roger Viollet Collection/Getty Images)

Tokoh Sosiologi berpengaruh selanjutnya adalah Karl Marx, atau lebih dikenal dengan julukan Godfather. Lahir pada tahun 1818 di Trie Keharyapatihan Rhine Hilir Kerajaan Prusia, Karl Marx  memiliki pengaruh yang cukup besar dalam perkembangan ilmu Sosiologi. Karl Marx mampu menyampaikan gambaran yang berbeda tentang konflik sosial dalam Sosiologi. Salah satu karya terbaiknya adalah sebuah buku berjudul “The Have vs Have Not”, dimana buku tersebut menjelaskan tentang perbedaan antara masyarakat yang memiliki konflik dengan yang tidak memiliki konflik.

3. Ibnu Khaldun

Tokoh Sosiologi

Tokoh Sosiologi berpengaruh lainnya adalah Ibnu Khaldun, dikenal sebagai Bapak Sosiologi dan Bapak Ekonomi Islam. Lahir pada tanggal 27 Mei 1332 M di Tunisia, Ibnu Khaldun berasal dari keluarga yang cukup aktif di dunia politik. Ada banyak karya yang telah ia tulis, salah satunya adalah Kitab Al-Ibar, dan Kitab At-Ta’rif.

4. Max Weber

Max Weber adalah salah satu tokoh Sosiologi lainnya yang cukup berpengaruh. Lahir pada tanggal 21 April 1864 di Erfurt (Jerman), Weber pernah menjadi pengacara setelah mendapatkam gelar Ph.D. Namun tidak lama kemudian ia tertarik mempelajari ilmu Ekonomi yang membahas mengenai hubungan sosial di masyarakat. Salah satu materi dalam buku pelajaran sosiologi yang dicetuskan Weber adalah “Tindakan Sosial”, yang terdapat pada pelajaran kelas 10. Beberapa buku yang pernah di tulis oleh Max Weber antara lain The Protestant Ethic and Spirit Capitalisme, dan Economy and Society.

5. Emile Durkheim

Tokoh Sosiologi berpengaruh selanjutnya adalah Emile Durkheim, atau dikenal dengan julukan “Professor Father”. Pria yang lahir pada tanggal 15 April 1858 ini selama menempuh pendidikan dikenal sebagai siswa yang cerdas dan memiliki banyak prestasi. Salah satu teorinya yang cukup dikenal adalah tentang perspektif revolusi industri. Teori yang dipelajari di kelas 12 ini mengatakan bahwa revolusi industri mempengaruhi tingkat solidaritas dalam sebuah masyarakat, sehingga terjadilah perubahan sosial. Beberapa buku yang ditulis oleh Emile Durkheim antara lain The Division of Labour, Suicide, dan The Rule of Sociological Method.

6. Herbert Spencer

Tokoh Sosiologi berpengaruh lainnya adalah Herbert Spencer. Lahir pada tanggal 27 April 1820 di Derby, Inggris Herber Spencer pernah bekerja di perusahaan kereta api sekaligus menjadi jurnalistik. Namun seiring berjalannya waktu Spencer tertarik mempelajari ilmu sosiologi, dan ia berhasil menerbitkan beberapa buku hasil karyanya. Beberapa bukunya antara lain The Descriptive Sociology, dan The Study of Sociologi yang menjelaskan tentang tatanan sosial di dalam sebuah masyarakat. Buku lainnya adalah Principles of Sociology yang menjadi salah satu buku panduan beberapa dosen yang ada di Oxford University.

7. Antonio Gramsci

Tokoh Sosiologi

Tokoh sosiolog berpengaruh yang terakhir adalah Antonio Gramsci. Lahir pada tanggal 22 Januari 1891 di Italia, Antonio Gramsci dikenal sebagai seorang intelektual besar yang mencetus berkembangnya paham marxisme barat hingga dikenal sampai sekarang. Teori konflik sosial dari Antonio Gramsci tidak berbeda jauh dengan Karl Marx. Beberapa bukunya yang telah diterbitkan antara lain The Modern Prince and Other Political Writing, Prison Notebook, Selection from the  Prisons Notebooks, dan juga Letters From Prison.

Itulah beberapa Tokoh Sosiolog yang cukup berpengaruh di Dunia. Bagi kamu yang ingin mengikuti olimpiade sains nasional atau kompetisi online, kamu juga bisa bergabung menjadi Member POSI dan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi sains yang diadakan oleh POSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.