Apa Itu ANBK? ANBK Singkatan Dari Ini Ternyata

Apa Itu ANBK? ANBK singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang dulunya lebih dikenal dengan nama UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). ANBK sendiri merupakan evaluasi dari pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Peserta ANBK adalah para siswa yang berada di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

ANBK sendiri dapat dilakukan secara online maupun semi online. ANBK online dilakukan apabila akses internet stabil serta harus memiliki komputer proctor untuk membuka token. Sementara itu untuk ANBK semi online computer client tidak memiliki akses secara langsung. Komputer client akan terconnect dengan computer proctor yang memiliki akses internet.

Tujuan ANBK

Dibentuknya ANBK tentunya memiliki tujuan khusus, Tujuan ANBK adalah untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia salah satunya. Berikut ini beberapa tujuan ANBK.

  1. Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar

Dengan adanya ANBK kita\ dapat mengetahui perbaikan kualitas belajar-mengajar yang mana yang perlu ditingkatkan lagi. Apabila proses belajar mengajar berjalan dengan baik tentunya hasil belajar murid juga akan maksimal.

  1. Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta

Melalui ANBK kita dapat mengukur kemampuan literasi membaca setiap peserta. Hal ini tentunya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi masing-masing peserta.

  1. Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta

Melalui ANBK kita dapat mengukur kemampuan numerasi setiap peserta. Hal ini tentunya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kemampuan numerasi masing-masing peserta.

  1. Menganalisa Karakter Peserta

Melalui ANBK dapat di analisa hasil belajar social-emosional masing-masing peserta. Analisa karakter peserta diukur dari beberapa aspek profil belajar pancasila.

Asesmen Nasional

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar menengah. Asesmen Nasional sendiri nantinya akan dinilai berdasarkan ilmu dasar (seperti literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Berikut ini beberapa penilaian terhadap asesmen nasional.

  1. Asesmen Kompetisi Minimum (AKM)

AKM adalah salah satu tes yang diikuti oleh berbagai peserta dengan tujuan untuk menilai kemampuan literasi membaca dan numerasi hasil belajar kognitif peserta.

  1. Survei Karakter

Survei karakter adalah salah satu tes yang dilakukan oleh peserta didik dan guru dengan tujuan menilai nilai-nilai, kebiasaan, sikap sebagai hasil belajar non-kognitif.

  1. Survei Lingkungan Belajar

Survei lingkungan belajar adalah salah satu tes yang diikuti oleh kepala satuan pendidikan dengan tujuan menilai kualitas pembelajaran dan suasana lingkungan sekolah yang menunjang pembelajaran.

Soal asesmen Nasional sendiri nantinya terbagi atas beberapa bentuk soal, mulai dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ANBK dan Asesmen Nasional. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan tes AKM atau ingin mengikuti tes AKM secara Gratis bisa join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.