POSI Telah Terdaftar di Kementerian dengan No. AHU-0016336.AH.01.12, Tahun 2017 Tanggal 30 Agustus 2017 | Ikuti terus kegiatan POSI baik offline maupun online | Ikuti Pelatihan Smart Champion untuk persiapan OSN yang lebih baik
Inersia Adalah

Contents

Pengertian Inersia

Inersia adalah sebuah gaya untuk menahan benda yang awalnya diam menjadi tetap diam atau benda yang tetap bergerak dengan kecepatan konstan. Istilah gaya Inersia sendiri berasal dari bahasa latin “iners” yang artinya lembam atau malas. Kelembaban adalah dasar fisika klasik yang digunakan untuk mengukur getaran suatu benda dan pengaruh getaran sendiri. Kelembaman ini juga pernah dibahas oleh Galileo Galilei yang menyatakan bahwa pada dasarnya semua benda berada dalam keadaan diam. Apabila benda tersebut bergerak, hal ini berarti dikarenakan adanya pengaruh yang berasal dari luar. Lain halnya dengan Inersia, Momen Inersia adalah sebuah ukuran tingkat kelembaman sebuah benda yang berotasi pada porosnya. Besarnya Momen Inersia dipengaruhi oleh bagaimana bentuk benda dan juga posisi sumbu putarnya.

Rumus Inersia

Berikut ini rumus Momen Inersia pada umumnya.

Dengan ketentuan:

I: satuan momen inersia (kgm²)

m: massa benda (kg)

r: jari-jari atau jarak ke pusat rotasi (m)

Berikut ini rumus Momen Inersia berdasarkan bentuk benda.

Contoh Inersia

Berikut ini beberapa contoh perwujudan Inersia dalam kehidupan sehari-hari.

1. Buah dan Daun Yang Jatuh Dari Pohon

Salah satu contoh momen Inersia adalah ketika buah dan daun yang jatuh dari pohon yang diguncang. Ketika pohon yang awalnya diam kemudian dahannya diguncang maka akan mempengaruhi buah dan daun menjadi bergerak dan akhirnya terjatuh dari pohon.

2. Keberadaan Satelit

Contoh momen Inersia lainnya terdapat pada satelit. Satelit adalah salah satu benda yang berada diluar angkasa yang selalu bergerak memutar di sekitar objek yang lebih besar secara terus menerus. Pergerakan satelit ini disebabkan oleh adanya gerak Inersia.

Itulah beberapa pengertian Inersia beserta rumus dan contohnya. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan ujian, kamu bisa mengikuti berbagai kompetisi sains GRATIS dengan join Member POSI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

POSI will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.